oleh

Rumah Isolasi di 5 Desa Kecamatan Soko Belum Sesuai Standar

TUBAN. Netpitu.com – Belum semua rumah isolasi yang disediakam pemerintah desa di wilayah Kecamatan Soko, Tuban, memenuhi standart.

Camat Soko, drs. Sudarto, mengatakan ada 5 desa di Kec.Soko yang belum mempunyai ruang isolasi sesuai dengan Standar.

Kelima Desa tersebut, Desa Menilo, Desa Pandang agung, Desa Cekalang, Desa Tluwe, dan Desa Glagahsari.

Dalam Sidak ke lapangan yang dilakukan bersana Kapolsek Soko dan Danramil Soko, Camat Soko, Sudarto meminta agar kelima Desa tersebut segera memenuhi kekurangan fasilitas rumah isolasi yang dikatakan tidak memenuhi standar tersebut.

Dikatakan Sudarto, dari 23 Desa yang telah dikunjungi, sebagian besar Desa di Kecamatan Soko sudah siap. Tinggal prakteknya untuk mempersiapkan yang betul-betul sesuai standar ada beberapa desa yang belum siap.

Rumah isolasi di belakang SDN Menilo ini belum sesuai standar karena belum dilengkapi fasilitas tempat tidur, kasur dan bantal.

Seperti dipannya belum, ada bantal, kasur pesananannya belum datang, karena masih dipesan, jelas Sudarto.

Menurut Sudarto, meski Desa menyediakan rumah isolasi, namun ia betharap warga lebih mengedepankan melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Tapi kalau memang isolasi mandiri itu sudah tidak muat maka mau tidak mau harus diisolasi di rumah isolasi desa,” tutur Camat Soko, Sudaryo, kepada netpitu.com, Selasa, (21/04/2020), di balai Desa Menilo, Kec. Soko, Tuban.

Terpisah, Kepala Desa Menilo, Mustajab, kepada netpitu.com menjelaskan bahwa untuk penanganan Covid-19 di Desa Menilo dianggarkan Rp 52 juta, termasuk untuk ruang isolasi dan fasilitasnya seperti tempat tidur, kipas angin, dan masker, Rp. 52 juta.

(met/yon)