oleh

Dorong Kesehatan Lingkungan PKK Tuban Adakan Lomba Green ‘n Clean

TUBAN. Netpitu.com –TP PKK Tuban adakan Lomba Green And Clean 2018 yang dijadwalkan selama 10 hari, mulai dari Selasa (17/07/18) di Kecamatan Bangilan dan Senori dan akan berakhir pada Selasa (31/07/18) di Kecamatan Jatirogo dan Kenduruan.

Lomba bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dan bersih dalam keluarga dan lingkungannya.

Penilaian lomba di 20 Kecamatan dipimpin langsung Ketua TP PKK Kabupaten Tuban Hj. Qodiriyah Fathul Huda didampingi tim penilai dari Pokja 3  dan Pokja 4 TP PKK Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan

“Ada beberapa indikator yang harus terpenuhi yaitu Penghijauan, Kebersihan serta Partisipasi dan peran serta masyarakat,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Tuban saat ditemui netpitu.com dalam penilaian lomba di Kecamatan Parengan, Rabu (18/07/18).

Ditambahkan Indokator pertama, yaitu penghijauan, Penilaian akan difokuskan pada optimalisasi lahan pekarangan disekitar wilayah hunian, penghijauan di lingkungan sekitar, optimalisasi pemanfaatan pekarangan desa dan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan di kantor Kecamatan.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

Sedangkan untuk indikator yang kedua, akan dinilai kebersihan yang dimulai dari sekitar hunian, kebersihan  dijalan dan lingkungan sekitar desa sampai dengan tingkat kecamatan.

“Selain itu juga akan dinilai pengelolaan sampah dan ketersediaan bank sampah untuk menampung sampah dari warga,” ujarnya.

Ia mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan

Pada indikator ketiga ini, penilain akan menyasar pada kebersihan rumah, kondisi kamar mandi, kamar tidur, drainase dan juga pola konsumsi keseimbangan gizi makanan untuk keluarga.

“Berperilaku hidup bersih dan sehat harus sudah menjadi kebiasaan, bukan hanya saat di lakukan lomba seperti saat ini saja, sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat dengan lingkungan yang bersih dan hijau” harapnya

( gio )