oleh

Petani Keluhkan Uang Pungutan Pengambilan Pupuk dan Benih Bantuan

-BERITA-679 views

BOJONEGORO. Netpitu. com – Gapoktan (gabungan kelompok tani) Desa Semanding, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro mempertanyakan adanya uang untuk adminitrasi dalam pengambilan pupuk dan benih bersubsidi.

Salah satu anggota kelompok tani 1 Sunaji (62) Rt 3 Desa Semanding menjelaskan, para petani yang memperoleh bantuan pupuk jika mengambil bantuan pupuk harus bayar administrasinya.

Besaran uang adminitrasi tiap ambil bantuan pupuk 1 kantong sak seberat 25 Kg Rp. 15.000 rupiah, sedangkan untuk bibit padi setiap 1 sak 5 kg, petani wajib bayar Rp. 5 ribu.

Baca Juga :  Soal Undang Orang Tua Siswa dan Minta Sumbangan Kepsek SMPN 1 Temayang Mengaku Salah

“Kemarin jumat (19/08/2022) untuk pengambilan pupuknya, di Desa Semanding terdiri dari 2 kelompok tani. Untuk kelompok 1 pengambilan bantuan pupuk dan benih bayar kalau untuk kelompok 2 tidak ada yang bayar.

” Ini kan aneh, dan uangnya penebusan pupuk dan benih itu untuk apa dan masuk kemana ?, kebijakan dari siapa semua anggota kelompok tani 1 tidak ada yang tahu,” ujar Sunaji.

Baca Juga :  Sampai September 2022 Realisasi Pendapatan Negara di Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan Capai 82,28 Persen

Bahkan saat ditanya uangnya untuk apa, pengurus bilang untuk ongkos, dan pengurus juga bilang bahwa dinas tidak mau tahu soal ini.

Selain itu , petani ini juga mempertanyakan uang bantuan ( PUAP ) Rp. 100 juta yang pernah diterima Gapoktan. Lantaran bantuan PUAP tersebut tidak diketahui juntrungnya entah kemana dan untuk apa. Karena para petani tidak mendapatkan bantuan itu, uang itu tidak untuk para anggota petani dan juga kejelasannya pun tidak ada.

Baca Juga :  Abrasi Bantaran Sungai Bengawan Solo Ancam Keberadaan Rumah Warga

“Dulu pernah ditanyakan oleh pihak terkait soal bantuan PUAP itu, para pengurus gapoktan kelabakan dan bingung.

Sunaji berharap apa yang menjadi keluhan petani ini akan ditindaklanjuti dinas terkait dan tidak ada lagi pungutan uang untuk pengambilan pupuk dan benih bantuan.

(ro)