Bawaslu Sosialisasikan Pemantauan Pemilu Ke Masyarakat

- Team

Kamis, 22 November 2018 - 09:31

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Untuk meningkatkan peranserta masyarakat dalam pengawasan Pemilu yang jujur dan adil, Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, melakukan sosialisasi pemantuan Pemilu 2018 bagi lembaga Pemantau Pemilu, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Bojonegoro, Rabu, ( 21 /11 ), di salah hotel Bojonegoro,

Ketua Bawaslu Bojonegoro M.Zaenuri, ST, mengatakan sosialisasi ini merupakan amanat Undang-Undang tentang Pemilu, DPRD, DPR, DPD dan Pilpres. Bagaimana meningkatkan partisipasi pengawasan. Bawaslu ini tidak bisa sendiri mengawasi seluruh Bojonegoro apalagi Desa di Kabupaten Bojonegoro yang terdiri dari 430 Desa.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Larang Warga Bekerja di Zona Merah

Makanya dibutuhkan peran serta masyarakat secara langsung baik itu Ormas, OKP, Media Cetak dan Media Online, terkait dengan dugaan adanya pelanggaran kampanye di lapangan atau pelanggaran Pemilu.

“Kita disini menginginkan Pemilu yang berintegritas. Terkait dengan pemantau Pemilu baik Ormas atau lembaga lainya, kalau dulu daftarnya di KPU. Untuk tahun sekarang ini daftarnya di Bawaslu,” terang Zaenuri.

Sementara itu, menurut Komisioner Bawaslu Jatim, Kordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan, Aang Khunedi, terkait dengan pemantauan Pemilu dan partisipasi masyarakat, tanpa daftar di pemantau Pemilu bisa melaporkan ke Bawaslu bilamana ada menemukan dugaan pelanggaran – pelanggaran Pemilu.

Baca Juga :  KPH Parengan Peringati HUT Perhutani ke 61 Tahun

“Semisal ada salah satu calon legislatif yang mengumpulkan orang dan mengarahkan memilih salah satu Caleg. Apalagi membagikan sesuatu, ini bisa dilaporkan,” ujar Aang Khunedi.

Sosialisasi pemantauan Pemilu ini dihadiri sekitar 100 orang, yang berasal dari anggota Organisasi Kemasyarakatan , PMII, PC NU, HMI, LSM dan Jurnalis di Wilayah Bojonegoro.

(dan)

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa