oleh

DPC PDIP Bojonegoro Sosialisasi HIV/AIDS dan Stunting 

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke 91 Tahun 2019 ini, DPC PDIP Bojonegoro melakukan sosialisasi HIV/AIDS, Stunting dan Baksos Kesehatan yang dilakukan di Desa Banjarsari Kec Trucuk Kabupaten Bojonegoro, minggu (22/12/2019).

Acara yang dilakukan pagi hari ini dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Camat Trucuk, Kepala Desa Banjarsari, Kapolsek Trucuk, Danramil Trucuk Petugas Kesehatan Kecamatan Trucuk dan pengurus DPC PDIP Bojonegoro serta tamu undangan.

Wakil Bupati Bojonegoro dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Ibu yang selalu diperingati tiap tanggal 22 Desember tiap tahun. Pengurus DPC PDIP Bojonegoro melakukan sosialisasi HIV/AIDS, Stunting dan Bakso Kesehatan yang ditempatkan di Dukuh Kalisari Desa Banjarsari.

“Jangan sampai orang yang menderita HIV/AIDS dikucilkan, sehingga peran serta petugas dari Dinas Kesehatan harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan memberikan pendampingan bagi penderita HIV/AIDS”, terang Budi Irawanto.

Terpisah Totok Iswanto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro menerangkan bahwa perempuan yang berdaya itu adalah perempuan yang sehat sehingga sosialisasi tentang HIV/AIDS dan Stunting ini sangat penting.

“Pengetahuan masyarakat kita tentang HIV/AIDS masih kurang, kesadaran masyarakat untuk memeriksa dirinya masih kurang dan orang yang terjangkit HIV/AIDS enggan memeriksakan kesehatannya”, jelas Totok Iswanto.

Menurutnya, sehingga sosialisasi ini penting bagi masyarakat tentang penularan virus HIV/AIDS. Virus ini merupakan penyakit menular bisa melalui transfusi darah, jarum suntik, dan pembuatan tato dan berhubungan seksual dengan penderita.

“Orang orang yang berisiko menderita dan tertular HIV/AIDS yaitu pelanggan pekerja seks, suami/istri dari pekerja seks, dan orang pengguna narkoba lewat jarum suntik”, ungkap Totok Iswanto.

Totok Iswanto menambahkan, bila orang sudah terjangkit HIV/AIDS jangan putus asa, penderita HIV/AIDS wajib berobat, pemberian gizi yang baik dan kebersihan lingkungan harus dijaga dengan baik serta dukungan keluarga sangat dibutuhkan bagi penderita HIV/AIDS.

(pur)

Komentar