oleh

SMP di Bojonegoro Kekurangan 320 Guru

BOJONEGORO. Netpitu.com – Seperti di berita beberapa hari yang lalu, bahwa kekurangan guru tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bojonegoro sampai tahun 2018 ini sebanyak 2.500 untuk guru kelas, guru PAI sebanyak 380 guru dan guru PJOK sebanyak 480 guru.

Kekurangan guru tidak hanya terjadi di SD tapi juga terjadi kekurangan guru untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk kekurangan guru tingkat SMP se Kabupaten Bojonegoro jumlahnya ada ratusan guru. Jumlah tersebut paling banyak pada guru yang mengajar mata pelajaran (Mapel) Bimbingan Konseling (BK).

Aunur Rofiq Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Kantor Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro mengatakan, kekurangan guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bojonegoro sebanyak 320 tenaga pendidik/guru sampai tahun 2018 sekarang.

“Jumlah kekurangan guru tingkat SMP berasal dari guru mata pelajaran Bimbingan Konseling (BK) dan Bahasa Indonesia tapi tidak sebanyak kekurangan guru tingkat SD yang mencapai 2.500 guru”, jelas Kabid PTK Kantor Disdikda Bojonegoro.

Aunur Rofiq mengharapkan, pada tahun ini ada pengangkatan guru sehingga jumlah kekurangan guru baik tingkat SD maupun tingkat SMP bisa terpenuhi. Untuk Guru Tidak Tetap (GTT) yang diperbantukan di SMP agar bisa membantu mengajar bila ada kekurangan guru khususnya untuk mapel BK dan Bahasa Indonesia asalkan sesuai dengan ijazah yang dimiliki oleh GTT, sehingga kegiatan KBM tidak terganggu.

(pur)