oleh

Sampah Menumpuk Di Jembatan Kalitidu

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sampah menjadi permasalahan klasik yang dihadapi berbagai daerah, yang dibutuhkan adalah kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Jika tidak, maka yang terjadi adalah masalah penumpukan sampah yang menggunung.

Tapi syukurlah Bojonegoro memiliki ASN yang cukup punya kepefilian terhadap lingkungan, yakni Nurul Azizah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Pagi hati ini, Jumat (23/2), Nurul Azizah bersama staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro terlihat melakukan pembersiahan sampah di sepanjang jembatan di wilayah Kecamatan Kalitidu.

Menututnya kerja bhakti ini adalah upaya memberikan contoh masyarakat sekaligus mensosialisasikan agar tidak membuang sampah di bawah atau samping jembatan yang acap kali dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Kondisi ini selain menimbulkan pencemaran juga melanggar peraturan yang berlaku yakni melanggar Perda Nomer 5 tahun 2017 pasal 30 tentang pengelolaan sampah.

Nurul Azizah turun langsung bersama pasukan Sapu Bersih Sampah ( Saber Sampah ) mulai dengan membersihkan tumpukan sampah yang berada disebelah selatan jembatan.

Kemudian jalur disepanjang jembatan baik yang dari arah timur dan barat.  Ditegaskan setelah dibersihkan jika ada warga yang masih nekad membuang sampah maka akan diberikan sanksi tegas.

Untuk itu, pihaknya kini bekerjasama dengan Polsek Kalitidu dan Pihak Pemerintah Desa Kalitidu dan telah membuat kesepakatan bahwa jika ada yang tertangkap tangan membuang sampah maka akan disanksi tegas untuk di berikan pengarahan di Polsek Kalitidu.

Kesadaran ini harus tumbuh ditengah masyarakat, kita harus saling bersinergi dan bekerjasama untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, kata Nurul kepada netpitu.com.

Sengaja pihaknya mengajak generasi muda yakni pelajar pelajar untuk kerja bhakti agar mereka menjadi salah satu motor untuk menerapkan budaya hidup bersih dan sehat dari hal yang sederhana yakni mulai peduli lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

 

(dan)