oleh

KPU – Disdukcapil Selesaikan Problem E-KTP Bagi Calon Pemilih Pemula

BOJONEGORO. Netpitu.com –  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro, lakukan koordinasi dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil, untuk penyelesaian persoalan E-KTP bagi calon pemilih yang masuk dalam DPS Pemilu 2019.

Komisioner KPU Bojonegoro sekaligus Divisi Perencanaan dan Data, A. Khudlori, didampingi dengan Kasubag Program dan Data Arif Afandy dan staf Heli Supangat serta satu utusan Panwaskab mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Baca Juga :  Ada Apa Dengan Batik Wartawan ?

“Sebanyak 34.776 ribu pemilih dalam DPS Pemilu 2019 belum memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), hal ini kemudian kita koordinasikan dengan pihak Dispendukcapil,” ungkap A. Khudlori.

Khudlori, menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Dispendukcapil dan Panwaslu Kabupaten Bojonegoro supaya warga pemilih potensial Non e-KTP terlayani dan segera mendapatkan e-KTP.

Baca Juga :  Agenda Reformasi Tak Boleh Berhenti, Bojonegoro Darurat KKN

Supaya warga yang usianya telah memenuhi syarat untuk memilih dan telah masuk daftar pemilih potensial, nanti tidak kehilangan hak pilihnya.

“Hasil koordinasi hari ini, disepakati bahwa data pemilih potensial non e-KTP akan segera diteliti Dispendukcapil. Caranya, dengan menyeleksi ulang penduduk yang sudah rekaman dan yang belum rekaman,” ujarmya usai koordinasi, Selasa, (20/3).

Dalam hal ini, Khudlori menyerahkan data pemilih yang belum memiliki E-KTP. Selanjutnya Dispendukcapil akan menyelesaikan persoalan secara bertahap sesuai prosedur. Penyelesaiannya sesuai dengan prosedur masing-masing desa dan kelurahan dengan berkoordinasi secara berjenjang.

Baca Juga :  8 DPC PDIP di Jatim Gelar Rakercab

“Kami sudah serahkan datanya, kami harap data yang telah diserahkan KPU kepada Dispendukcapil tersebut segera diproses dan dibuatkan e-KTP atau surat keterangan rekam yang dikeluarkan Dispendukcapil Bojonegoro,” tuturnya.

(dan)