oleh

Perangi Miras, Kapolres Tuban Pimpin Langsung Penggrebekan Pabrik Arak

TUBAN. Netpitu.com – Kepolisian Resort Tuban, kembali melancarkan operasi penggerebekan rumah yang diduga dipergunakan untuk memoroduksi Minuman keras (Miras), jenis arak.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, Senin (23/4), terjun langsung ke lokasi bersama Tim Saber Miras Polres Tuban bersama Jajaran Polsek Semanding, di Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, dan berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang yang terbukti memproduksi  minuman beralkohol jenis arak. 

Produsen arak berinisial SBS, (31), warga RT 04, RW 13, Kelurahan Gedongombo,  Kecamatan Semanding, Tuban.

Berdasarkan kesaksian warga, rumah tersebut sudah cukup lama dijadikan pabrik arak.

Dari lokasi tersebut  petugas kepolisian berhasil menyita beberapa barang bukti bull drum yang telah berisi baceman  total 13.000 liter.

Kata Nanang, selain 23 dus yang berisi arak 425 liter, petugas juga mengambil barang bukti lainnya yang berupa satu buah bull yang berisi arak 125 liter.

“Di dalam rumah ternyata ada banyak botol yang berisi arak siap edar dan totalnya sebanyak 5.050 liter,” ungkapnya.

Selain Miras, petugas juga menyita alat produksi lainnya seperti 1 buah dandang, 3 bull alat saring, 3 biji kompor, 30 tabung LPG, 200 botol kosong dan bahan baku 9 sak gula merah serta alat lainnya.

Kata Kapolres untuk sementara pelaku dijerat Pasal 135 jo, Pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86(2) UU No. 18 th 2012 tentang pangan Yo psl 204 KUHP.

(gio)