oleh

Soal Gusuran Warga Desa Sukorejo Minta Penundaan dan Relokasi

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekitar 30 orang warga Desa Sukorejo Rt 31, Rw 6, Kecamatan Kota Bojonegoro, Jum’at (22/9) mendatangi gedung DPRD Bojonegoro untuk bertemu dengan Komisi A dan mengadukan persoalan rencana penggusuran rumah tinggal mereka oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber daya air, Jawa timur.

Kordinator warga RT 31, Rw 6 Desa Sukorejo, Wiwin (30) mengatakan kedatangan warga ke gedung Dewan ingin meminta petunjuk pada para wakil rakyat. Lantaran sejak diterimanya Surat Peringatan I (SP), pada 27 Agustus lalu dari Dinas PU Sumberdaya air Jatim mereka menjadi cemas dan dihantui kekawatiran kalau rumah tinggal mereka dibongkar.

“Kami semua yang tinggal di Saluran Pirang kiri ini sudah tinggal Puluhan tahun lamanya dan sekarang rumah tempat tinggal kami terancam dibongkar,” ujar Wiwin.

“Kalau dibongkar kami harus tinggal dimana?” lanjut Wiwin.

Warga, kata Wiwin, meminta penundaan pembongkaran rumah mereka dan meminta kepada aparat Pemerintah Desa mencarikan tempat pengganti apabila rumah mereka dibongkar.

Sementara itu Budi, warga RT 31 RW 06 menjelaskan total rumah warga yang akan digusur sebanyak 80 KK dari total 150 KK. Warga yang rencananya yang akan digusur tersebut menempati bangunan sekitar sungai/irigasi. Mereka sudah tinggal kurang lebih 25 tahun.

Menangapi keluhan warga terkait relokasi rumah yang tergusur, Kaun Desa Sukorejo, Sudiro, mengatakan Desa akan membentuk tim yang terdiri dari kepala Desa, BPD dan perangkat Desa. Saat ini Pemerintah Desa sedang menyiapkan lahan pengganti dan segera melakukan pengkaplingan tanah yang sudah disiapkan Pemerintah Desa Sukorejo.

“Alasan digusurnya tempat tinggal mereka adalah untuk normalisasi sungai. Tapi jangan langsung digusur soalnya harus dicarikan solusi terlebih dulu”, terang Sudiro selaku Kasun Desa Sukorejo yang ikut menyampaikan aspirasinya.

Diketahui bangunan liar pinggir sungai yang didirikan warga tanpa ijin tersebut telah mengganggu pelaksanaan normalisasi sungai. Sebelumnya Dinas PU Sumberdaya air telah membrikan surat peringatan kepada penghuni rumah bangunan liar tersebut untuk segera membongkar bangunannya sendiri.

(dan/pur)