oleh

Siarkan Keterbukaan dan Transparansi, Malawapati FM Live On Air Di CFD

BOJONEGORO. Netpitu.com – Car Free Day (CFD) pada Minggu, (23/12/2018) pagi tadi, di aloon-aloon Bojonegoro, tidak seperti biasanya. Ada yang baru dari CFD minggu ini.

Dimana Radio Malowopati FM milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melakukan Live Streaming diantara warga yang tengah melakukan kegiatan jalan sehat di CFD tersebut.

Warna baru siaran live di CFD radio milik Pemkab Bojonegoro itu sempat menjadi perhatian warga. Lantaran pada CFD sebelumnya tidak pernah ada gelaran siaran radio di CFD.

Acara yang dibawakan oleh para penyiar radio pun cukup santai. Mulai dari live musik yang diiringi Zam-zam, hingga dialog keterbukaan publik dan transparansi pengelolaan anggaran daerah.

Pada sesi ini, management radio Malawapati, mengundang koordinator Front Rakyat Antikorupsi (Fraksi), Edy Kuntjoro. Untuk mengutarakan pandangannya tentang layanan keterbukaan informasi publik yang dilakukan Pemkab Bojonegoro, dan tentang transparansi anggaran.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Serang Wabup Secara Terbuka di Whatsapp

Sebagai pelayan publik, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kominfo telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Termasuk dalam penyajian website Pemerintah Kabupaten.

Bahkan koordinator Fraksi itupun mengapresiasi kinerja Diskominfo yang membawa Bojonegoro sebagai peraih predikat yang terbaik dalam layangan website Desa, dari Komisi Informasi Publik Jawa timur.

Hal ini menunjukkan Pemkab cukup serius dalam melayani keterbukaan informasi pada masyarakat.

Tujuan dibukanya layanan keterbukaan informasi publik ini adalah tak lain dari bentuk transparansi kinerja yang diselenggarakan pemerintah. Supaya rakyat bisa melihat dengan jelas apa yang dikerjakan oleh pemerintah. Begitupun dengan persoalan anggarannya.

Baca Juga :  Proyek Penanganan Genangan Dan Pembangunan Trotoar Dr Sutomo senilai Rp.5.1 M Ditarget Tepat Waktu

“Supaya tidak ada kata Jangan ada dusta diantara kita,” ujar Edy Kuntjoro.

Dari pelaksanaan keterbukaan informasi dan transparansi pengelolaan anggaran daerah ini essensinya masyarakat bisa menjadi pengawas langsung dalam penggunaan anggaran belanja.

Pengawasan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyimpangan ataupun penyelewengan anggaran belanja pemerintah.

“Pencegahan korupsi itu sangat penting dilakukan. Karena dengan mencegah tidak sampai terjadi korupsi. Kegiatan berlangsung sempurna dan rakyat maupun pemerintah diuntungkan. Makanya masyarakat jangan segan-segan melaporkan bila menemukan indikasi perbuatan korupsi agar pemerintah daerah bisa bertindak cepat melakukan tindakan,” paparnya.

“Masyarakat harus bisa menjadi kontrol sosial dalam pencegahan tindak pidana korupsi ini. Apalagi sekarang ini jamannya era digital, hampir setiap orang bisa melaporkan secara langsung kepada Pemkab ataupun ke aparat penegak hukum,” lanjut Koordinator Fraksi, Edy Kuntjoro.

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang Bansos Tak Kunjung Datang

Ditanya soal program bagi Radio Malawapati ini, Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Kusnandoko, menyatakan model live reportoar secara langsung di lapangan Car Free Day ini memang baru sekali ini dilakukan.

Ke depan, kata Kusnandoko, pihaknya akan menyajikan radio live di CFD ini setiap seminggu sekali. Dengan menghadirkan berbagai macam narasumber dan komunitas masyarakat Bojonegoro yang peduli terhadap kemajuan pembangunan di Bojonegoro.

Hanya saja, agar format siaran lebih bisa disajikan lebih baik maka untuk sementara akan dicoba untuk hadir di kegiatan CFD ini sebulan sekali terlebih dulu.

“Setelah Ok. Baru seminggu sekali,” tandas Kusnandoko.

(pur)