Bupati dan Satberkota Tuban Gelar Syukuran Adipura

- Tim

Kamis, 24 Januari 2019 - 09:42

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Raih Adipura berkali-kali, Bupati Tuban bersama Satberkota Tuban gelar Syukuran bareng. Selasa, (22/1/2019).

Raih Adipura berkali-kali, Bupati Tuban bersama Satberkota Tuban gelar Syukuran bareng. Selasa, (22/1/2019).

TUBAN. Netpitu.com – sebagai wujud syukur atas keberhasilan diraihnya penghargaan Adipura tahun 2018,  Pemerintah Kabupaten Tuban melalui dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) melaksanakan Syukuran bersama Pasukan Satuan Tugas Pembersih Kota (Satberkota) yang dilaksanakan di Taman Kota Jalan Pahlawan Tuban, Selasa (22/01/2019).

Pada acara yang dirangkaikan dengan penyerahan Perkim Award ini, hadir Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, Perwakilan Forkopimda, Jajaran OPD Terkait dan tamu undangan lainnya.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dalam sambutannya mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga berbuah  penghargaan Adipura untuk yang ke-7 kali dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, terutama untuk Dinas PRKP, DLH, instansi terkait, juga kepada masyarakat dan pengusaha serta staheholder lainnya.

“Adipura adalah wajah dari daerah,dan daerah akan  terlihat maju apabila wajahnya bagus,” ujarnya 

Bupati dua periode ini menambahkan bahwa dalam Penilaian Adipura sendiri, semakin tahun semakin sulit dan ketat. Termasuk dalam standar penilaiannya yang juga semakin kompleks.  Salah satunya seperti pengolahan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan kriterinya tersendiri,” jelasnya

Pada bagian lain, Pak Huda, demikian dia akrab disapa,  menyinggung tentang kebersihan  sungai. Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan sungai,  karena sudah berulang kali Pemkab memberikan bantuan untuk pengerukan, namun permasalahan ini belum selesai sampai sekarang, kedepan akan disiapkan tempat sampah sehingga  sampah tidak langsung dibuang di laut.

“Namun sebelum hal itu terwujud, saya minta kesadaran masyarakat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya,” terangnya. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas PRKP Tuban, Drs. Sudarmadji, MM, menyampaikan beberapa upaya yang sudah dilakukan dinasnya dalam mendukung  diraihnya penghargaan Adipura tahun ini. 

Baca Juga :  DKPP Gelar Diklatpim Pejabat OPD

Diantaranya dengan merevitalisasi manajemen pasukan pembersih Kabupaten Tuban.

Yang dulunya pasukan pembersih terbagi-bagi menjadi Pasukan Kuning, Pasukan Biru, dan Pasukan Hijau. Kini telah dijadikan satu nama menjadi Satuan Tugas Pembersih Kota (Satberkota). 

“Saat ini  jumlah anggota Satberkota adalah sebanyak 296 orang yang tersebar dalam beberapa unit,” terangnya.

Adapaun unit tersebut diantaranya adalah UPJ ( Unit Penyapu Jalan), UTM (Unit Taman), URC ( Unit Reaksi Cepat), ULJ (Unit Lampu Jalan), UPP (Unit Penebangan Pohon), USA (Unit Saluran Air), UPT (Unit Penyedot Tinja) dan UJK (Unit Justisi Kebersihan). 

Selain itu melalui inovasi SITATA (Revitalisasi Taman Kota), Dinas PRKP berupaya menambah Ruang Terbuka Hijau seperti pada Alun Alun Tuban, Taman Sleko, Taman Bermain Anak dan Taman Manunggal kidul.

Baca Juga :  Kolaborasi Lapas Tuban, Perhutani dan Pertamina Kembangkan Program Asimilasi WAE

Kedepan juga akan dibangun Taman Sumur Gemuling di dekat kantor BPBD Tuban yang nantinya akan difasilitasi dengan spot selfi yang menunjang masyarakat untuk dapat memviralkan taman-taman yang ada di Tuban.

Dalam acara ini diserahkan pula Piagam penghargaan Anugerah Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih Bupati Tuban kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Mustofa, SH selaku Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Kabupaten Tuban.

Selain itu juga diserahkan  Penghargaan Perkim Award kepada 30 orang penerima yang diantaranya dibagi menjadi 5 kategori, yaitu Lomba Tokoku Indah dan Bersih, Lomba Keindahan Taman Tahun 2018, Lomba Lukis Tamanku Indah Tahun 2018, Lomba Perumahan Award, Lomba Pembinaan HIPPAM Tahun 2018. Pada kesempatan yang ini di berikan pula Bantuan Sembako dari PT. Semen Indonesia untuk anggota Satberkota.

(met)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan