oleh

Antisipasi Bencana 3 KPH di Tuban Teken MoU Dengan BPBD

TUBAN. Netpitu.com – Untuk lebih mempersiapkan sedini mungkin baik itu dalam pra bencana atau dalam penanggulangan bencana, tiga Kantor Perhutani (KPH) di Kabupaten Tuban melakukan penandatanganan kesepakatan bersama MoU antara Perum Perhutani KPH Tuban Jatirogo dan Parengan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupsten Tuban di aula Kantor Perum Perhutani KPH Tuban, Jalan Gajah Mada, Kota Tuban, Kamis, (23/01/2020)

Acara yang dihadiri oleh tiga Administratur masing-masing KPH yaitu, Adm KPH Tuban, Adm KPH Jatirogo dan Parengan. Acara ini juga dihadiri tiga Wakil Adm beserta pejabat daerah (Asisten Perhutani) dan Kepala BPBD Kab Tuban dan pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Ir. Tulus Budyadi, MM selaku. ADM KPH Tuban menyampaikan rencana sudah dipaparkan masing-masing Administratur kelanjutnya agar kerjasama ini lebih bisa bersinergi dan semakin baik untuk upaya pra bencana atau dalam penanggulangan bencana nanti.

“Untuk itu ke depan bisa dilakukan dengan bentuk sosialisasi ke masyarakat yang tinggal sekitar hutan yang mana mereka juga diharapkan agar bisa dilibatkan dengan pelatihan-pelatihan. Kami berharap masyarakat sekitar hutan itu bisa lebih waspada dengan timbulnya bencana, seperti pada saat bencana kebakaran hutan yang mendominasi pada musim kemarau,” paparnya kala diwawancarai netpitu.com.

Lebih detailnya Administratur kelahiran Blora, Jawa Tengah menjelaskan bahwa masyarakat itu mampu mengatasi serta lebih sigap menghadapi bencana-bencana yang lainnya tanpa menunggu komando dari baik itu dari petugas Perhutani maupun petugas lainnya (Satpol PP, TNI, dan Polri).

Panca P.M. Sihite, S.hut, M.Sc, Adm Perhutani KPH Jatirogo dan Adm Perhutani KPH Parengan, Badarudin Amin turut menimpali jika masyarakat desa sekitar hutan terutama yang tergabung di Lembaga Masyarakat Desa Hutan agar lebih paham untuk menjaga hutan dari kebakaran longsor dan lain lain.

“Dan mereka secepatnya paham dengan tindakan darurat jika terjadi bencana setelah nanti dibekali dengan pelatihan-pelatihan oleh satuan tim dari BPBD Kabupaten Tuban,” kata Badarudin Amin, Adm Perhutani KPH Parengan.

Drs. Yudi Irwanto, MM dari BPBD Kabupaten Tuban juga sangat antusias menyambut untuk keberlanjutan dari Mou ini dan selalu siap akan memberikan sosialisasi ke masyarakat desa yang huniannya berdekatan dengan kawasan hutan.

“Pada intinya nanti secara bergantian dari desa ke desa lainnya kami melakukan sosialisasi bersama pengurus dan anggota-anggota LMDH untuk memberikan solusi serta manfaat untuk keselamatan masyarakat seluruhnya,” cetusnya.

Panca Sihite Adm Perhutani KPH Jatirogo menegaskan bahwa diwilayah yang dipimpin pengelolaannya menyiratkan kalau wilayah hutannya dikelilingi desa-desa yang sangat dekat sekali dengan tempat tinggalnya.

“Kita berharap dengan mempersiapkan secara bersama dengan petugas Perhutani, Kecamatan, Koramil dan Polsek, masyarakat betul-betul satu pemahaman soal fungsi hutan bagi masyarakat desa,” kilahnya

(met)