Antisipasi Bencana 3 KPH di Tuban Teken MoU Dengan BPBD

- Tim

Jumat, 24 Januari 2020 - 11:41

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Antisipasi Bencana Longsor 3 KPH di Tuban Teken MoU Dengan BPBD

Antisipasi Bencana Longsor 3 KPH di Tuban Teken MoU Dengan BPBD

TUBAN. Netpitu.com – Untuk lebih mempersiapkan sedini mungkin baik itu dalam pra bencana atau dalam penanggulangan bencana, tiga Kantor Perhutani (KPH) di Kabupaten Tuban melakukan penandatanganan kesepakatan bersama MoU antara Perum Perhutani KPH Tuban Jatirogo dan Parengan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupsten Tuban di aula Kantor Perum Perhutani KPH Tuban, Jalan Gajah Mada, Kota Tuban, Kamis, (23/01/2020)

Acara yang dihadiri oleh tiga Administratur masing-masing KPH yaitu, Adm KPH Tuban, Adm KPH Jatirogo dan Parengan. Acara ini juga dihadiri tiga Wakil Adm beserta pejabat daerah (Asisten Perhutani) dan Kepala BPBD Kab Tuban dan pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Ir. Tulus Budyadi, MM selaku. ADM KPH Tuban menyampaikan rencana sudah dipaparkan masing-masing Administratur kelanjutnya agar kerjasama ini lebih bisa bersinergi dan semakin baik untuk upaya pra bencana atau dalam penanggulangan bencana nanti.

“Untuk itu ke depan bisa dilakukan dengan bentuk sosialisasi ke masyarakat yang tinggal sekitar hutan yang mana mereka juga diharapkan agar bisa dilibatkan dengan pelatihan-pelatihan. Kami berharap masyarakat sekitar hutan itu bisa lebih waspada dengan timbulnya bencana, seperti pada saat bencana kebakaran hutan yang mendominasi pada musim kemarau,” paparnya kala diwawancarai netpitu.com.

Lebih detailnya Administratur kelahiran Blora, Jawa Tengah menjelaskan bahwa masyarakat itu mampu mengatasi serta lebih sigap menghadapi bencana-bencana yang lainnya tanpa menunggu komando dari baik itu dari petugas Perhutani maupun petugas lainnya (Satpol PP, TNI, dan Polri).

Baca Juga :  Wabup Noor Nahar Kembali Sidak Pelaksanaan Proyek

Panca P.M. Sihite, S.hut, M.Sc, Adm Perhutani KPH Jatirogo dan Adm Perhutani KPH Parengan, Badarudin Amin turut menimpali jika masyarakat desa sekitar hutan terutama yang tergabung di Lembaga Masyarakat Desa Hutan agar lebih paham untuk menjaga hutan dari kebakaran longsor dan lain lain.

“Dan mereka secepatnya paham dengan tindakan darurat jika terjadi bencana setelah nanti dibekali dengan pelatihan-pelatihan oleh satuan tim dari BPBD Kabupaten Tuban,” kata Badarudin Amin, Adm Perhutani KPH Parengan.

Drs. Yudi Irwanto, MM dari BPBD Kabupaten Tuban juga sangat antusias menyambut untuk keberlanjutan dari Mou ini dan selalu siap akan memberikan sosialisasi ke masyarakat desa yang huniannya berdekatan dengan kawasan hutan.

Baca Juga :  Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo

“Pada intinya nanti secara bergantian dari desa ke desa lainnya kami melakukan sosialisasi bersama pengurus dan anggota-anggota LMDH untuk memberikan solusi serta manfaat untuk keselamatan masyarakat seluruhnya,” cetusnya.

Panca Sihite Adm Perhutani KPH Jatirogo menegaskan bahwa diwilayah yang dipimpin pengelolaannya menyiratkan kalau wilayah hutannya dikelilingi desa-desa yang sangat dekat sekali dengan tempat tinggalnya.

“Kita berharap dengan mempersiapkan secara bersama dengan petugas Perhutani, Kecamatan, Koramil dan Polsek, masyarakat betul-betul satu pemahaman soal fungsi hutan bagi masyarakat desa,” kilahnya

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00