oleh

Follower Instagram @jokowi Terbanyak ke 4 Presiden se Dunia

Netizensatu.com – Firma Komunikasi strtegi global, Burson Marsteller baru-baru ini merilis lapran bertajuk World Leaders on Instagram. Yang menarik dari laporan tersebut munculnya nama Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang menempati posisi ke-4 sebagai pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di Instagram.

@jokowi saat ini memiliki sekitar 3,8 juta pengikut atau followers. Jumlah itu meningkat 673 persen dibandingkan setahun lalu. Menurut laporan, Jokowi juga berada pada peringkat ke-4 sebagai pemimpin negara yang paling interaktif di Instagram.

Dari keterangan Pers yang diteria, Minggu, (23/4), secara total, ada 17 jutaan interaksi yang dibangun Jokowi via layanan berbagi foto dan video tersebut.

Dalam laporan Burson Marsteller ada 73 kepala negara, 38 kepala pemerintah, serta 28 perdana menteri yang memiliki akun Instagram pribadi.

April 2017 ini, Perdana Menteri India Narendra Modi (@narendramodi) menjadi pemimpin negara yang paling banyak diikuti di Instagram dengan jumlah pengikut 7,2 jutaan. Lantas posisi kedua ditempati Presiden AS Donald Trump (@realdonaldtrump) dengan 6,6 jutaan pengikut.Di peringkat ketiga ada Kepala Negara Kota Vatikan, yakni Paus Fransiskus (@franciscus). Paus ke-266 tersebut diikuti oleh 3,8 juta followers.

Jokowi beradu sengit dengan Paus Fransiskus dari segi jumlah pengikut, sebab sama-sama di kisaran angka 3,8 jutaan followers. Pada 1 April lalu, jumlah pengikut Jokowi masih 3,4 jutaan sementara Paus Fransiskus sudah 3,7 jutaan. Artinya, pertumbuhan pengikut Jokowi lebih signifikan. Selanjutnya posisi @jokowi dibuntuti The White House @whitehouse, yang menempati urutan ke 5.

Menurut CEO Burson Marsteller, format foto dan video di nstagram merupakan medium yang efektif untuk menumbuhkan popularitas. Para pemimpin di seluruh dunia pun bisa berkomunikasi dengan masyarakatnya dengan cara yang lebih kasual dan kreatif.

“Para pemimpin di seluruh dunia sedang menciptakan komunikasi daring (online) yang mampu menyampaikan konteks politis dan sosial, serta membagikan citarasa kreativitas dan kepribadian. Pemimpin di lini bisnis dan sektor lainnya dapat belajar dari cara pemerintah memanfaatkan Instagram,” kata dia.

Beberapa peminpin dunia juga mengelola secara mandiri akun Instagram-nya dan mereka juga sering menugaskan fotografer resmi, atau tim media sosial mereka untuk mengelola akun tersebut.

(Red/*)