oleh

Wabup Tuban Pantau UNBK SD/ SMP di 3 Kecamatan

TUBAN. Netpitu.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., kemarin meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs, dan Ujian Semester Berbasis Nasional (USBN) tingkat SD/MI tahun 2019 di sejumlah sekolah di Kecamatan Merakurak, Semanding, dan Grabagan, Selasa (23/04/2019).

Wabup Noor Nahar kala itu didampingi Kepala Dinas Pendidikan mengunjungi SDN Tuwiri Kulon Merakurak, SMPN 1 Merakurak, SDN Semanding 1, SMPN 1 Semanding, SDN Grabagan 4, dan SMPN 1 Grabagan.

Noor Nahar menyampaikan, pelaksanaan UNBK dan USBN di 3 kecamatan tersebut berjalan lancar dan tertib. Fasilitas penunjang di sekolah yang dikunjungi memadai, dan mendukung pelaksanaan ujian.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada komite sekolah dan wali murid yang telah mendukung penyediaan infrastruktur pendidikan di tiap sekolah,” ungkap Wabup Noor Nahar usai kegiatan sembari berjalan bersama netpitu.com.

Orang nomor dua dijajaran Pemkab Tuban itu menambahkan, pelaksanaan ujian yang telah berjalan lancar selama dua hari ini dapat terus dipertahankan.

Dilain sisi dia menilai, bobot soal UNBK dan USBN berkategori hot atau sulit. Meski demikian, semua materi yang dimuat dalam soal sudah diajarkan kepada siswa.

“Alhamdulillah, seluruh peserta dapat mengerjakan soal dengan baik,” akunya ke media ini.

Wabup Tuban dua periode ini menginstruksikan, kepada seluruh stakeholder terkait pendidikan terus bersinergi, dan berkoordinasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Tuban.

Tidak hanya itu, Wabup berpesan kepada seluruh siswa agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Jangan sampai berhenti di jenjang SMP atau bahkan SD.

Untuk diketahui, pada tahun 2019 jumlah SMP di Kabupaten Tuban yang mengikuti UNBK sebanyak 90 sekolah, dengan rincian 52 SMP negeri, 35 SMP swasta, dan 3 SMP bergabung dengan SMP lainnya. Sedangkan jumlah SD/MI yang melangsungkan USBN sebanyak 780 sekolah dengan rincian 558 SD Negeri; 16 SD swasta; 2 MI negeri; dan 204 MI Swasta.

Adapun jumlah peserta USBN mencapai 17.067 siswa dan pelaksanaan UNBK dan USBN dilaksanakan berlangsung selama 4 hari nanti.

Sebelumnya, pada Senin kemarin, (22/04/2019), Bupati Tuban H Fathul Huda bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kemenag Tuban juga sudah meninjau UNBK dan USBN di beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Tuban.

(met)