oleh

PT. SBI Donasikan 1.000 APD ke Gugus Tugas Covid-19 Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban menerima donasi dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI), di Posko Gugus Tugas, Jalan Veteran, Tuban, Kamis (23/04/2020).

Bantuan yang diterima langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kab. Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana M.Si berupa 1.000 pakaian hazmat, 10 box masker, 30 liter antiseptik hand soap, dan 30 liter hand sanitizer.

Budi Wiyana yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban menyampaikan, terimakasih atas bantuan APD yang diberikan. Bantuan itu akan segera didistribusikan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban.

“Ketersediaan APD yang cukup akan semakin memberikan ketenangan kepada tenaga medis yang bertugas,” ungkapnya ke netpitu.com.

Budi Wiyana memberikan apresiasi kepada PT SBI yang melibatkan warga desa sekitar, untuk memproduksi pakaian hazmat yang desain dan produknya mendapatkan pengawasan dari Dinas Kesehatan Tuban.

Pelibatan warga sekitar lanjut Budi Wiyana akan dapat membantu menggerakkan ekonomi warga yang berkurang akibat pandemi Covid-19. Sehingga warga desa tetap mendapatkan penghasilan.

Perwakilan PT SBI, Trayudi Darma, menjelaskan, penyerahan bantuan ini sebagai bentuk partisipasi dan dukungan PT SBI terhadap percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Dilibatkannya warga sekitar untuk produksi APD, sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Warga yang dilibatkan berasal dari Desa Merkawang, Karangasem, Mliwang, Kedungrejo, dan Desa Sawir. Desa-desa tersebut merupakan desa terdekat dari operasi PT SBI, yang sebelum diakuisisi PT Semen Indonesia adalah PT Holcim Indonesia.

“Harapannya dapat menambah pendapatan dan menggerakkan roda ekonomi warga,” jelas Trayudi Darma.
PT SBI berkoordinasi dengan Dinkes Tuban terkait standar APD yang diproduki dan pengawasannya. PT SBI juga menyediakan ruang khusus produksi APD yang didonasikan.

“Langkah tersebut diambil untuk menjamin kesesuaian antara APD yang diproduksi dengan kebutuhan,” imbuhnya.

Sebelumnya PT SBI telah menyalurkan sejumlah bantuan. Diantaranya, pembuatan wastafel di sejumlah titik di 7 desa, pembagian 1.000 masker bersama Gugus Tugas di Tempat Pelelangan Ikan, dan pembagian hand sanitizer.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas untuk penyaluran bantuan 3.000 paket sembako untuk desa sekitar,” ujarnya.

(met)