Pungutan Kepada Siswa Melalui Komite Itu Tidak Dibenarkan

- Tim

Selasa, 24 Mei 2022 - 18:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Repoter : Ciput laela

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kabar penarikan biaya kepada para siswa sekolah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, dengan dalih kebijakan komite untuk pembangunan sekolahan kabarnya masih saja marak terjadi. Padahal apapun modusnya jika penarikan itu memberatkan siswa, maka hal itu tidak bisa di benarkan, karena hal itu sama saja dengan melegalkan pungutan liar di sekolahan.

Sekolah penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sekolah Negeri dilarang memungut biaya apapun dan bersifat apaun kepada para siswa. Pungutan berupa uang Gedung, uang SSKM (sumbangan suka rela keluarga mampu) maupun biaya lainnya yang dikaitkan dengan pembangunan atau aset sekolah, melalui Komite atau melalui siapapun yang termasuk kategori punggutan liar di larang tegas, “ungkap Afan DPRD Komisi C.

Hal tersebut seperti yang di sampaikan oleh ketua Komisi C DPRD Bojonegoro dari Fraksi Demokrat, Mochlasin Afan, SH kepada media ini di ruangannya. Selasa (24/5/2022).

“Intinya, bahwa jika ada penarikan biaya pendidikan, dengan berbagai alasan, kebijakan komite, atau kreatifitas sekolahan, atau apalah, kalau itu memberatkan siswa maka hal itu tidak bisa di benarkan,”Tegasnya.

Penarikan dengan berbagai alasan dari sekolah melalui pihak ketiga atau Komite yang menjadikan SSKM itu tidak di benarkan, saya tegaskan itu tidak di benarkan. Karena apa.?? dikarenakan pembangunan sekolah atau aset sekolah itu tanggung jawab pemerintah, bukan tanggung jawab siswa, kenapa harus dibebankan kepada siswa.

Baca Juga :  Awali Tahun Pendidikan 2021, Pembelajaran Siswa SD dan SMP Tetap Online

Afan menyebut, karena jika alasannya, bahwa sekolah butuh infrastruktur, seharusnya sekolah segera mengajukan ke pemerintah karena terkait infrastruktur adalah tanggung jawab Daerah atau negara. Terkait hat itu, politisi partai Demokrat tersebut berharap, Dinas Pendidikan Bojonegoro, segera mengevaluasi diri, memperbaiki data, termasuk data – data sekolahan yang mana rusak parah, sedang atau rusak ringan.

“Dinas pendidikan harus mengevaluasi diri, dan harus melakukan tugasnya yakni melakukan pendataan secara obyektif, secara reel, kondisi eksisting¬†infrastruktur pendidikan, agar segera bisa di ajukan,”ucapnya

“Karena, nyuwun sewu, saat dinas pendidikan rapat terakhir dengan komisi C dan dengan tim anggaran, data dinas pendidikan sangat amburadul, bahkan saya hampir membanting laptop, karena melihat kondisi amburadulnya bus data dinas pendidikan itu,”ungkapnya.

Baca Juga :  Pencairan PIP Jangan Dipersulit dan Diolor - olor

Jika ada penarikan terhadap siswa dengan alasan pembangunan, SSKM dan lain sebagainya, yang bersifat aset atau menjadi milik pihak sekolah silahkan di laporkan ke kami pihak DPRD. Kami DPRD akan menindak tegas terhadap sekolah tersebut. Seharusnya pihak pendidikan harus tegas terhadap sekolah-sekolah yang melakukan penarikan tersebut, entah melalui jasa ke3 atau pihak komite, karena semua itu salah, salah besar dan tidak di benarkan.

“Karena Disdik memiliki sumber dana yang lebih Besar se-indonesia. Jadi gunakan lah itu dan jangan mencari kesempatan untuk menarik uang kepada siswa, atau melakukan pungli.

(Put)

Berita Terkait

Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro
PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi
Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan
IKA SMP Negeri 2 Bojonegoro Mulai Bangun Mushola di SMPN 2
Tim Bola Voli SMA Negeri 2 Bojonegoro Juarai Turnamen Kacabdin Cup
Duhhh !!! PPDB Tahun Ini Banyak SMP Negeri Wilayah Kota Kekurangan Pagu
Bicara PIP Bupati Jangan Sekedar Bikin Pencitraan
Syarat Kelulusan Paket A, B, C, Wajib Ikuti UPK

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00