oleh

Menuju Normal Baru Pemkab Tuban Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

TUBAN. Netpitu.com – Menyongsong New Normal, program pembentukan Desa Tangguh Bencana terus digalakkan, selain untuk memutus sebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) juga untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampikan oleh Wabup Tuban Ir H Noor Nahar Hussein M.Si saat pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Rabu, (24/06/2020).

“Pembentukan Desa Tangguh Bencana adalah bagian dari upaya yang gencar kita lakukan untuk pencegahan, dan pemutusan sebaran Covid 19,” kata Wabup dalam sambutannya.

Wabup Tuban dua periode ini juga menegaskan, kalau syarat daerah bisa menjalankan New Normal dan membuka semua tempat umum yang tentunya dengan sarana prasarana yang lengkap dan pengawasan yang ketat.

Selain itu, agar roda ekonomi bisa berjalan normal lagi, penyebaran minimun melandai kebawah dan penularan dibawah rasio 1 yang artinya 1 orang positif covid-19 tidak menularkan ke 1 orang lain, dan kalau 1 orang masih menularkan ke 1 orang lain satu daerah masih belum bisa untuk menjalankan New Normal.

Ditempat yang sama, Kalaksa BPBD Tuban Yudi Irwanto menerangkan ke netpitu.com bahwa perkembangan Desa Tangguh Bencana mendapat tanggapan dan antusias dari masyarakat, karena semua dikeloka oleh masyarakat sendiri, sementara BPBD cuma membantu agar semua sesuai dengan protokol kesehatan covid-19.

“Kontribusi BPBD adalah membantu masyarakat untuk lumbung pangan seperti beras, masker dan APD,” kata Yudi Irwanto.

(met)