oleh

Bojonegoro Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kabupaten Bojonegoro meraih dua penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dua penghargaan tersebut adalah Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) kategori  pratama serta Sekolah Dasar terbaik Layak Anak yang didapatkan oleh SD Kita.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri PPPA Yohana Yembise kepada Pj. Bupati Bojonegoro DR. Supriyanto, SH, MH, saat penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2018 di Dyadra Convention Centre, Surabaya, Senin (23/7).

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, di 2018 ini sebanyak 389 Kabupaten/Kota telah berkomitmen untuk menjadi KLA. Dari jumlah tersebut, 176 Kabupaten/Kota telah berhasil meraih penghargaan dari berbagai kategori.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise didampingi oleh Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny N. Rosalin mengatakan bahwa upaya pemenuhan hak anak memerlukan komitmen yang kuat. Tidak hanya ibu dan ayah, akan tetapi orang dewasa yang ada dalam keluarga.

“Anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal jika seluruh
keluarga di Indonesia memahami dan mendukung pemenuhan hak anak dalam keluarga masing-masing. Jadikan hak anak sebagai prioritas utama untuk mendukung tumbuh kembangnya.” ujar Yohana Yembise.

Selain penghargaan KLA, Menteri Yohana juga memberikan penghargaan kepada daerah yang terbaik dalam memenuhi hak sipil anak, membina Forum Anak, merespon pembentukkan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTDPPA).

Penghargaan juga diberikan kepada daerah yang mampu mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA), menyelenggarakan pelayanan Ramah Anak di puskesmas, dan melakukan inovasi-inovasi dari kemajuan pembangunan anak di wilayahnya; serta mampu menurunkan angka perkawinan anak.

(dan)