Penggugat PI Tolak Draft Perdamaian PT. SER dan PT. ADS

- Tim

Kamis, 24 September 2020 - 19:44

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penampakan perundingan perdamaian antara PT. SER, PT. ADS, Perwakilan Pemkab Bojonegoro dan pihak penggugat kerjasasama PI, Agus Susanto Rismanto, di hotel Aston, Kamis, (24/09/2020).

Penampakan perundingan perdamaian antara PT. SER, PT. ADS, Perwakilan Pemkab Bojonegoro dan pihak penggugat kerjasasama PI, Agus Susanto Rismanto, di hotel Aston, Kamis, (24/09/2020).

BOJONEGORO. Netpitu.com – Penggugat kerjasama Particypating of Interest ( PI ) blok Cepu, Agus Susanto Rosmanto, menolak draft perjanjian perdamaian yang diusulka oleh para pihak yang kini tengah bersengketa di Pengadilan Negeri Bojonegoro, yakni PT. SER, PT. ADS.

Perdamaian yang diinisiasi oleh pihak tergugat lll, ( PT. Surya Energy Raya / PT. SER ) ini, dimaksudkan untuk menutup peluang berlangsungnya persidangan gugatan Perbuatan Melawan Hukum ( PMH ) yang diajukan oleh Agus Susanto Rismanto di PN Bojonegoro.

Dalam salah satu tuntutannya Agus Susanto Rismanto menuntut dilakukannya renegosiasi kepemilikan saham dan bagi hasil keuntungan atas kerjasama penyertaan modal pengelolaan PI 4,5 persen yang menjadi hak Kabupaten Bojonegoro, di blok Cepu.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dimana dalam perjanjian kerjasama tersebut, Pemkab Bojonegoro hanya memperoleh bagi hasil keuntungan ( deviden ) sebesar 25 persen, sedangkan 75 persen keuntungan dikuasai oleh PT. SER .

Baca Juga :  Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh

Menurut Agus Susanto Rismanto, sekilas memang tawaran perdamaian ini cukup melegakan. Karena di dalam draft perjanjian perdamaian yang dibuat telah ada kesepakatan dari para pihak tergugat untuk melakukan renegosiasi, seperti tuntutan yang diajukan dalam gugatan PMH.

Namun semangat renegosiasi yang diajukan oleh PT. Asri Dharma Sejahtera ( ADS ) tidak optimal dan hanya sekedar memenuhi tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) TA 2019, yang menyebutkan jumlah kepemilikan saham Pemkab Bojonegoro dengan PT. SER tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

Dalam kerjasama antara Pemerintah daerah dengan pihak ketiga ( investor ), menurut PP Nomor 54 Tahun 2017, kepemilikan saham Pemerintah daerah harus lebih besar dibanding pihak investor, atau dengan perbandingan paling sedikit, 51 persen saham dikuasai oleh Pemerintah daerah dan 49 persen saham dikuasai investror.

Baca Juga :  Agus Rismanto Sayangkan Ketidakhadiran Ketua DPRD Bojonegoro Dalam Sidang PMH

Lebih lanjut dikatakan Agus, hal inilah yang kemudian dijadikan dasar semangat pihak PT. ADS untuk melakukan renegosiasi kepemilikan saham. Sehingga PT. ADS hanya menyanggupi pembelian saham PT. SER sebanyak 26 persen dari total 75 persen saham yang dikuasai oleh PT,SER.

Padahal, dari pihak PT. SER sudah menawarkan penjualan 100 persen saham yang dimilikinya kepada Pemkab Bojonegoro. Bahkan penjualan 100 persen kepemilikan saham PT. SER ini dimasukan dalam syarat pelepasan sahamnya kepada Pemkab Bojonegoro. Dengan kata lain, Pemkab harus membeli seluruh saham milik PT. SER, tidak boleh hanya dibeli sebanyak 26 persen seperti keinginan PT. ADS.

“Tapi sayangnya, opsi yang diambil PT. ADS hanya ingin membeli 26 persen saham milik PT. SER. Itulah yang menjadi dasar penolakan kami,” ujar Agus Susanto Rismanto, kepada netpitu.com, Kamis, (24/09/2020).

Baca Juga :  OTT Wali Kota Cilegon KPK Temukan Modus Baru Samarkan Suap

“Karena tanpa adanya perdamaian pun, sebenarnya Pemkab Bojonegoro wajib menindaklanjuti temuan BPK untuk mengakuisisi saham PT. SER sebesar 25 persen. Jika tidak, maka sampai kapanpun perjanjian kerjasama tersebut akan bermasalah dengan hukum. Lantaran tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan,” jelas Agus Susanto Rismanto.

Sementara itu, Agus Susanto Rismanto menginginkan Pemkab Bojonegoro bisa membeli saham PT. SER lebih dari 26 persen. Atau setidaknya dalam kerjasama PI ini saham yang dikuasai Pemkab sebesar 70 persen dan 30 persen saham lainnya menjadi bagiam milik investor.

“Syukur-syukur jika seluruh saham milik PT. SER bisa dikuasai oleh Pemkab Bojonegoro,” harap Agus Susanto Rismanto.

(ro)

Berita Terkait

Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh
Mantan Camat Padangan Kembali Dihadirkan di Persidangan Dugaan Korupsi BKKD
David FS : Entas Kemiskinan, Garpu Jatim Akan Launching 1.000 Warung UMKM
Sandiaga Uno Bicarakan Industri Kreatif di Bojonegoro
Wujudkan Kesejahteraan Rakyat Golkar Lounching Kios Baqoel Karya Berkah
Peringati Hari Koperasi Dekopinda Bojonegoro Salurkan Sembako dan Daging Kurban
Putusan Banding PT Tipikor Surabaya Bebaskan Shodikin Dari Dakwaan Primair JPU
Peran BumDes Dalam Peningkatan Perekonomian Rakyat

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00