Berburu Kuliner Di Pasar “Ngat” Bojonegoro. Ada Yang Istimewa

- Tim

Senin, 25 Februari 2019 - 14:19

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Warga berburu kuliner di setiap Minggu pagi di pasar

Warga berburu kuliner di setiap Minggu pagi di pasar "Ngat" Desa Mojodeso ini. Disini pedagang menjajakan berbagai makanan ala ndeso yang sudah jarang ditemui. Ada yang istimewa, kata salah seorang pengunjung dari Tuban.

BOJONEGORO Netpitu.com – Wah, ada tempat kuliner asyik dan unik di Bojonegoro, namanya Pasar ” Ngat “. Kata “Ngat” berasal dari penyebutan hari Ahad ini bersumber dari penamaan hari penanggalan Hijriyah atau Minggu dalam penanggalan masehi.

Sudah menjadi kebiasaan orang Jawa, saat menyebutkan kata Ahad, disingkat menjadi “Ngat”.

Pasar “Ngat” selalu mulai dibuka jam 07.00 pagi dan jangan heran jika sebelum jam 07.00 Wib, sudah banyak pengunjung yang mulai mengantri di lokasi pasar. Sudah menjadi kebiasaan, seluruh aktivitas transaksi perdagangan kuliner di pasar “Ngat” akan ditutup pada pukul 12.00 Wib siang.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meski terbilang baru di Bojonegoro, Pasar “Ngat” selalu dipadati oleh wisatawan baik yang berasal dari Bojonegoro maupun dari daerah lain seperti Tuban dan Lamongan. Hari ini hampir 300 pengunjung yang hadir di lokasi wisata ini.

Baca Juga :  BOP PAUD Semester I Segera Cair

Ada yang sudah beberapa kali berkunjung maupun ada yang baru pertama mengunjungi, mereka berkunjung dengan alasan pingin tahu dan ada yang dapat informasi dari orang lain. Belum sampai satu bulan dibuka, Pasar Ngat sudah banyak dikenal oleh penikmat wisata maupun kuliner.

Pasar Ngat adalah pasar wisata yang menyediakan aneka jenis kuliner khas ndeso dengan penyajian suasana tempo dulu. Aktifitas pembeli atau pengunjung yang akan menikmati jajanan atau kuliner, harus menukar uang dengan koin untuk membeli makanan, koin inilah yang digunakan bertransaksi.

Baca Juga :  Wisata Gerabah Malo, Tawarkan Proses Kreatif dan Bisnis Pada Pelancong

“Sehingga keunikan inilah yang menjadi pembeda obyek wisata Pasar Ngat dengan destinasi wisata lain di Bojonegoro”, ujar Wahyu Setiawan selaku Ketua Masyarakat Pariwisata Indonesia.

Ketua Masyarakat Pariwisata Bojonegoro mengatakan, Pasar Ngat ini sudah sangat layak untuk dikunjungi bagi wisatawan, karena disamping unik dalam penyajian, konsep yang ditawarkan bernuansa tempo dulu sangat terasa, seperti pedagang maupun pengelola menggunakan busana tempo dulu.

“Rencananya saya akan mendatangkan wisatawan dari dari Negara Lithuania untuk berkunjung ke Desa Mojodeso Kecamatan Kapas awal bulan Maret mendatang. Kalau wisatawan Manca Negara saja datang, kenapa warga Bojonegoro tidak pingin ke Desa Mojodeso”, terang Wahyu Setiawan.

Masih menurut Wahyu Setiawan, Saya yakin dan optimis geliat pariwisata Bojonegoro akan bisa menjadi berkembang, terbukti wisatawan dari Eropa saja tertarik ingin datang ke Pasar Ngat yang berada di Desa Mojodeso.

Baca Juga :  Sinergritas Pemkab Tuban dan Media Semakin Kompak

Terpisah, Kepala Desa Mojodeso mengungkapkan, Pasar Ngat ini sebagai bentuk perpaduan suasana alam desa yang asri dengan dipadu aneka jajanan kuliner tempo dulu, sehingga pengunjung disamping berwisata dengan santai juga bisa menikmati aneka jajanan khas dengan suasana pedesaan tempo dulu.

“Kami juga sangat berterima kasih atas semua pihak yang mendukung adanya wisata ini, saran untuk pengembangan wisata Pasar Ngat sangat kami harapkan. Pengunjung meningkat akan memberikan keuntungan dari para pedagang sehingga perekonomian masyarakat desa akan menjadi lebih baik”, pungkas Wariman selaku Kepala Desa Mojodeso.

(pur)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
David FS : Entas Kemiskinan, Garpu Jatim Akan Launching 1.000 Warung UMKM
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Sandiaga Uno Bicarakan Industri Kreatif di Bojonegoro