PT. SI Edukasi Cara Tangani Kebakaran Ke Siswa

- Tim

Senin, 25 Maret 2019 - 23:51

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Bulan K3 bagi instansi, lembaga ataupun perusahaan mengartikannya sebagai tanda untuk memperingati hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Unit Safety Hygiene Environtment (SHE) Semen Indonesia di Tuban memberikan edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta cara penanggulangan kebakaran ke sekolah-sekolah tingkat SMA di sekitar perusahaan.

Kegiatan yang bertajuk “Safety Goes to School” yang pada jadwal pelaksanaan ketiga ini dilaksanakan di SMAN 1 Kerek, Kamis lalu, (21/3/2019). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi mengenai pentingnya safety atau keselamatan untuk dijadikan prioritas utama dalam segala hal pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  2018 Satu SMK Dapat Rp 500 Juta Untuk Program Vokasi Industri

‘’Safety tidak hanya diterapkan pada perusahaan tapi juga bisa di rumah maupun sekolah, sebab setiap aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari itu terkadang kita jumpai bahaya dan resiko yang kemungkinan bisa terjadi,’’ ungkap, Tuban Safety Officer, Jatmiko, dihadapan netpitu.com, Senin, (25/03/2019) di ruang kerjanya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, bahwa kedisiplinan harus tetap dijaga guna meminimalisir terjadinya bahaya atau resiko, contohnya kecelakaan. Sebab, kecelakaan tidak mengenal tempat dan waktu,

Baca Juga :  Perhutani dan Siswa SMK Kehutanan Gomang Siaga Dalkarhutla

“Diharapkan, safety bisa menjadi budaya sehingga kita dapat memahami posisi kita apakah sudah berada di zona aman atau belum, agar kita terbiasa disiplin bahkan saat bangun tidur sampai dengan tidur lagi kita sudah terbiasa dengan safety,’’ ujar Jatmiko ke media ini.

Selain dibekali materi mengenai K3 dan penanggulangan kebakaran, siswa juga diberikan kesempatan untuk praktik bagaimana teknik memadamkan api. Sedikitnya tiga cara memadamkan api disampaikan kepada seluruh siswa, yaitu memadamkan api menggunakan karung goni, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan alat pemadam kebakaran (Firehose).

Baca Juga :  Gernas Baku dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

“Kita berharap setelah kegiatan ini para siswa faham yang akan dilakukan jika terjadi bencana, misalnya kebakaran dilingkungannya,’’ tambah Jatmiko.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Kerek, M. Sugiharto, mengucapkan banyak terimakasih kepada Semen Indonesia karena sudah memberi tambahan pengetahuan bagi anak didiknya tentang penting dan manfaatnya K3, karena pelatihan tersebut dapat membuka wawasan baru bagi siswa-siswi.

“Diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin bagi Semen Indonesia untuk memberikan manfaat bagi lembaga pendidikan maupun masyarakat,’’ pungkasnya.

(met)

Berita Terkait

Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro
PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi
Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan
IKA SMP Negeri 2 Bojonegoro Mulai Bangun Mushola di SMPN 2
Pungutan Kepada Siswa Melalui Komite Itu Tidak Dibenarkan
Tim Bola Voli SMA Negeri 2 Bojonegoro Juarai Turnamen Kacabdin Cup
Duhhh !!! PPDB Tahun Ini Banyak SMP Negeri Wilayah Kota Kekurangan Pagu
Bicara PIP Bupati Jangan Sekedar Bikin Pencitraan