Tuban Dapatkan Perhargaan Kabupaten Layak Anak

- Tim

Kamis, 25 Juli 2019 - 16:29

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tuban Dapatkan Perhargaan Kabupaten Layak Anak .

Tuban Dapatkan Perhargaan Kabupaten Layak Anak .

TUBAN. Netpitu.com – Kabupaten Tuban kembali mendapatkan Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang diserahkan oleh Menteri PP-PA, Yohana Yembise kepada Bupati Tuban H. Fathul Huda yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Tuban, Nurjanah, SH, MM. dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban Ir. Choliq Qunnasich.

Malam penghargaan ini diselenggarakan di hotel Four Points, Makassar, Selasa (23/7/19) bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019.

Adapun Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Pada Tahun ini Sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih predikat Madya, 23 kabupaten/kota dengan predikat Nindya, dan 3 kota dengan predikat utama yaitu Surakarta, Surabaya dan Denpasar.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam sambutannya Menteri PP-PA mengungkapkan bahwa Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019 ini merupakan bentuk apresiasi bagi daerah yang berkomitmen tinggi, yang diwujudkan dalam upaya-upaya konkrit yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Baca Juga :  Percepat Pembangunan Jembatan Kanor Rengel Dua Bupati Lakukan Koordinasi

“Penghargaan KLA diawali dengan proses evaluasi secara komprehensif yang dilakukan oleh tim independen dan juga melibatkan kementerian/lembaga melalui 4 tahapan proses evaluasi, antara lain, Penilaian Mandiri yang dilakukan oleh masing–masing daerah, Verifikasi Administrasi, Verifikasi Lapangan dan Verifikasi Final,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Yohana juga memberikan apresiasi kepada para Bupati dan Walikota dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yakni upaya pemenuhan hak anak sesuai dengan Undang (UU) Nomor 35 tahun 2014 pasal 21 ayat 4 dan 5 yang mendorong pemerintah daerah bertanggung jawab mendukung pemerintah pusat dalam perlindungan terhadap anak.

Melalui KLA, Kementerian PP-PA menurut Yohana juga berupaya keras mendorong pemenuhan hak anak dan perlindungan keluarga untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030. pengembangan KLA mengacu pada 24 indikator pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca Juga :  RPJMD Pemkab Tuban Selaras Dengan Nawa Bhakti Satya Gubernur Jatim

Menteri Perempuan pertama dari Papua ini berharap Penghargaan ini bukan menjadi tujuan akhir. Justru dengan adanya penghargaan ini, dia berharap para Bupati/Walikota lebih meningkatkan perhatian terhadap masalah tumbuh kembang dan perlindungan anak di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu Bupati Tuban, H. Fathul Huda seusai menerima penghargaan ini mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena usaha keras berbagai pihak lintas sektoral selama ini dalam mewujudkan Kabupaten Tuban yang Layak anak dapat terwujud.

“kedepan terutama saya harapkan peran serta masyarakat semakin baik lagi,” ujar Bupati Huda

Bupati dua periode juga berharap berbagai infrastruktur, seperti Sekolah, objek wisata, perpustakaan, arena olahraga, dan tempat publik lainnya dapat dioptimalkan dalam mengedepankan prinsip ramah anak .

Pada Kesempatan yang sama Kadinsos mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan Kabupaten Layak anak bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi berkat komitmen dari berbagai Pihak predikat itu bisa diraih.

“Penghargaan ini akan kita jadikan motivasi dan juga bahan evaluasi dalam merumuskan setiap kebijakan, program dan kegiatan yang berhubungan dengan anak,” jelasnya.

Baca Juga :  PT. Semen Indonesia Dorong Kemandirian BUMDes

Nurjanah menjelaskan bahwa Kabupaten/kota Layak Anak adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Ada lima klaster hak anak yang harus dipenuhi, agar sebuah Kabupaten/kota mendapat predikat sebagai KLA.

Lima klaster tersebut adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak.

Selain Kabupaten Layak Anak, ada beberapa Sekolah dari Kabupaten Tuban yang mendapatkan Predikat Sekolah Ramah Anak (SRA) Terbaik Tingkat Nasional diantaranya tingkat Pra Sekolah adalah TK Islam Plus Insan Kamil Tuban, Tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah MTs Negeri 1 Tuban dan Tingkat SMA adalah SMA Negeri 2 Tuban.

(met)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00