Wabup Bojonegoro Launching Kampung Lontong Lodeh Mliwis Putih

- Tim

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:56

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wakil bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, M.Pd, Minggu (25/8/2019) pagi ini, melaunching Kampoeng Lodeh Pedal ( Pedagang sepeda onthel ), Jalan Meliwis Putih, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Bojonegoro.

Wakil bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, M.Pd, Minggu (25/8/2019) pagi ini, melaunching Kampoeng Lodeh Pedal ( Pedagang sepeda onthel ), Jalan Meliwis Putih, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Bojonegoro.

BOJONEGORO. Netpitu.com – Wakil bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, M.Pd, Minggu (25/8/2019) pagi ini, melaunching Kampoeng Lodeh Pedal ( Pedagang sepeda onthel ), Jalan Meliwis Putih, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Bojonegoro.

Warga Kelurahan Ngrowo yang tinggal di seputaran jalan Meliwis Putih dari sejak dahulu hingga sekarang dikenal sebagai pedagang lontong lodeh yang dijajakan keliling dengan menggunakan sepeda onthel. Pelaku pedagang lontong lodeh keliling ini adalah ibu-ibu rumah tangga.

Lontong lodeh sendiri telah dikenal sebagai masakan khas Bojonegoro. Cita rasa masakan yang penuh sensasi kelezatan menjadikan masakan tradisional ini manpu bertahan ditengah serbuan kuliner modern baik dari dalam negeri maupun manca negara.

Menurut ketua RW 01 Kelurahan Ngrowo, Suwarto, di sepanjang Jalan Meliwis Putih ini ada sekitar 15 orang ibu-ibu yang berprofesi sebagai pedagang lontong lodeh keliling dengan mengendarai sepeda onthel.

Maka tak berlebihan jika Ngrowo telah dikenal sebagai gudangnya pedagang lontong lodeh. Karena dari ke 15 pedagang itu menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling dari kampung ke kampung di seputaran kota Bojonegoro.

Sementara itu, Wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, atau lebih akrab dengan panggilan mas Wawan ini, mengatakan kebanggaannya terhadap warga Ngrowo yang memiliki kreativitas dalam perdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Ketua DPRD Tuban Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

Dengan dilaunchingnya Meliwis Putih ini sebagai Kampung Lodeh, warga harus segera menata lokasi tempat kuliner lontong lodeh. Sehingga jika ada orang yang hendak mencari lontong lodeh mudah menemukannya di sepanjang jalan Meliwis Putih ini.

“Perlu diingat setelah di launchingnya lontong lodeh ini, warga Ngrowo Mliwis harus segera menyiapkan tempatnya, biar kalsu ada yang cari lontong lodeh nggak binggung. Jangan seperti kemarin lalu, ada launching sego buwohan, tetapi setelah launching warga yang mau cari binggung, dimana tempatnya jika ingin membeli sego buwohan,” ujar Budi Irawanto.

Baca Juga :  Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub

 

Menurut Wabup moment seperti ini sangat baik, lantaran bsa menjalin persaudaraan, dan persatuan antar warga. Dengan demikian akan timbul kegotong-royongan dalam menjalin kebersamaan.

Sementara itu menurut beberapa pedagang lontong lodeh yang ditemui netpitu.com menyatakan kegembiraannya atas penyelenggaraan launching kampung lodeh ini. Apalagi kedepannya akan diselenggarakan festival lontong lodeh pada setiap tahun.

Tentunya hal tersebut akan semakin mengukuhkan eksistensi warga Mliwis Putih, Ngrowo, sebagai master cheffnya menu masakan lontong lodeh yang kuliner khas Bojonegoro.

(yon)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00