oleh

Wabup Bojonegoro Launching Kampung Lontong Lodeh Mliwis Putih

BOJONEGORO. Netpitu.com – Wakil bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, M.Pd, Minggu (25/8/2019) pagi ini, melaunching Kampoeng Lodeh Pedal ( Pedagang sepeda onthel ), Jalan Meliwis Putih, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Bojonegoro.

Warga Kelurahan Ngrowo yang tinggal di seputaran jalan Meliwis Putih dari sejak dahulu hingga sekarang dikenal sebagai pedagang lontong lodeh yang dijajakan keliling dengan menggunakan sepeda onthel. Pelaku pedagang lontong lodeh keliling ini adalah ibu-ibu rumah tangga.

Lontong lodeh sendiri telah dikenal sebagai masakan khas Bojonegoro. Cita rasa masakan yang penuh sensasi kelezatan menjadikan masakan tradisional ini manpu bertahan ditengah serbuan kuliner modern baik dari dalam negeri maupun manca negara.

Menurut ketua RW 01 Kelurahan Ngrowo, Suwarto, di sepanjang Jalan Meliwis Putih ini ada sekitar 15 orang ibu-ibu yang berprofesi sebagai pedagang lontong lodeh keliling dengan mengendarai sepeda onthel.

Maka tak berlebihan jika Ngrowo telah dikenal sebagai gudangnya pedagang lontong lodeh. Karena dari ke 15 pedagang itu menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling dari kampung ke kampung di seputaran kota Bojonegoro.

Sementara itu, Wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, atau lebih akrab dengan panggilan mas Wawan ini, mengatakan kebanggaannya terhadap warga Ngrowo yang memiliki kreativitas dalam perdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Dengan dilaunchingnya Meliwis Putih ini sebagai Kampung Lodeh, warga harus segera menata lokasi tempat kuliner lontong lodeh. Sehingga jika ada orang yang hendak mencari lontong lodeh mudah menemukannya di sepanjang jalan Meliwis Putih ini.

“Perlu diingat setelah di launchingnya lontong lodeh ini, warga Ngrowo Mliwis harus segera menyiapkan tempatnya, biar kalsu ada yang cari lontong lodeh nggak binggung. Jangan seperti kemarin lalu, ada launching sego buwohan, tetapi setelah launching warga yang mau cari binggung, dimana tempatnya jika ingin membeli sego buwohan,” ujar Budi Irawanto.

 

Menurut Wabup moment seperti ini sangat baik, lantaran bsa menjalin persaudaraan, dan persatuan antar warga. Dengan demikian akan timbul kegotong-royongan dalam menjalin kebersamaan.

Sementara itu menurut beberapa pedagang lontong lodeh yang ditemui netpitu.com menyatakan kegembiraannya atas penyelenggaraan launching kampung lodeh ini. Apalagi kedepannya akan diselenggarakan festival lontong lodeh pada setiap tahun.

Tentunya hal tersebut akan semakin mengukuhkan eksistensi warga Mliwis Putih, Ngrowo, sebagai master cheffnya menu masakan lontong lodeh yang kuliner khas Bojonegoro.

(yon)