oleh

Tahun Ini PKBM Budi Jaya Kecamatan Ngambon Ikuti Akreditasi

BOJONEGORO. Netpitu.com – Setelah tahun 2015 kemarin ada dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ikut dalam penilaian akreditasi yaitu PKBM Lestari Kecamatan Dander dan PKBM Nurul Ummah Kecamatan Sumberejo. Tahun ini PKBM Budi Jaya mengusulkan untuk akreditasi.

Akreditasi PKBM merupakan syarat suatu lembaga non formal bisa menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Kejar Paket, mulai UN Paket A, UN Paket B dan UN Paket C. Bila PKBM belum terakreditasi, untuk pelaksanaan UN Paket diwajibkan gabung dengan PKBM yang sudah terakreditasi.

Budi selaku Penyelenggara PKBM Budi Jaya Kecamatan Ngambon mengatakan, tanggal 7 September kemarin sudah dilakukan penilaian akreditasi yang dilakukan oleh Asesor dari Propinsi Jawa Timur. Semuanya berjalan lancar tidak terjadi kendala mengenai PKBM Budi Jaya.

“Satu hari selesai, untuk penilaiannya akreditasi yang dilakukan oleh asesor hanya Paket C, bila lolos akreditasi Paket C dengan otomatis Paket A dan Paket B sudah terakreditasi juga. Tahun depan PKBM Budi Jaya sudah bisa menyelenggarakan UN sendiri dan tidak ikut gabung dengan PKBM yang sudah terakreditasi seperti pada pelaksanaan UN yang lalu”, jelas Budi selaku Penyelenggara PKBM Budi Jaya.

Terpisah Nandar selaku Kepala Bidang (Kabid) PAUD Dan Dikmas Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro menerangkan, untuk PKBM di Bojonegoro yang terakreditasi ada dua PKBM. Bila tahun ini PKBM Budi Jaya lolos penilaian akreditasi, Bojonegoro mempunyai tiga PKBM yang sudah terakreditasi.

“Pihak Diknas Bojonegoro mengharapkan untuk PKBM yang belum terakreditasi supaya mempersiapkan persyaratan guna dilakukan penilaian akreditasi. Walaupun PKBM yang belum terakreditasi masih bisa gabung dalam pelaksanaan UN Paket”, ucap Kabid PAUD dan Dikmas Kantor Disdik Bojonegoro.

(pur)