oleh

Perppu 2/ 2017 Sah Menjadi Undang-undang

BOJONEGORO. Netpitu.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017, yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo, Selasa, (24/10), sah menjadi Undang-Undang.

Perppu yang memberangus keberadaan Ormas yang tak sejalan dengan Pancasila tersebut dinyatakan sah setelah melalui rapat paripurna DPR yang menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk disahkan menjadi undang-undang (UU) dengan mekanisme voting pada 445 anggota fraksi.

“Dengan berbagai catatan yang disampaikan berbagai fraksi yang ada maka rapat paripurna menyetujui Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas menjadi undang-undang,” kata pimpinan rapat Fadli Zon di Ruang Rapat Paripurna, Selasa (24/10).

Berdasar hasil voting Fraksi PDIP dengan 108, Golkar 70, PKB 32, PPP 23, NasDem 23, Hanura 15 anggota menyetujui Perppu Ormas untuk dijadikan UU. Sedangkan Fraksi Gerindra 62, PKS 24, dan PAN 35 anggota tidak menyetujui Perppu Ormas disahkan menjadi UU.

Dari sepuluh fraksi di DPR tujuh fraksi, yakni PDIP, Golkar, NasDem, Hanura, PKB, PPP dan juga Demokrat setuju Perppu Ormas menjadi Undang Undang. Sedangkan tiga fraksi lain, PKS, PAN, dan Gerindra menolak Perppu disahkan menjadi Undang Undang.

(Ams)