oleh

Survey Populi Center, Elektabilitas Jokowi-Maruf 56,3 Persen dan Prabowo-Sandi 30,9 Persen

JAKARTA. Netpitu.com – Populi Center merilis hasil survey Capres-Cawapres Pilpres 2019. Hasilnya, elektabikitas pasangan Jokowi – Maruf Amin, jauh lebih unggul dibanding Prabowo – Sandi.

Pada survey Populi Center yang dilakukan pada periode 23 September sampai 1 Oktober 2018, elektabilitas Jokowi Maruf Amin, berada di angka 56,3 persen. Sedang Praboeo Sandi, hanya 30,9 persen.

Survei menggunakan 1.470 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kisaran 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Hasil dari survei itu, yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 12,8 persen. Hasil ini menjadi ‘baseline’ atau tolok ukur untuk melihat sebaran pemilih yang angkanya bisa bervariasi.

“Dilihat dari sebaran responden berdasarkan jenis kelamin, pasangan Jokowi-Ma’ruf diunggulkan baik dari responden laki-laki maupun responden perempuan. Temuan ini sifatnya indikatif mengingat jumlah responden yang terbatas,” demikian tulis Populi Center dalam dokumen paparannya, Rabu (24/10).

Untuk pemilih laki-laki Jokowi-Ma’ruf 57,0 persen, sedangkan pemilih laki-laki yang memilih Prabowo-Sandi 31,3 persen. Angka pemilih yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 11,7 persen.

Sedangkan untuk pemilih perempuan yang menjatuhkan pilihannya pada Jokowi-Ma’ruf 55,6 persen.

Meski mengklaim didukung emak-emak ternyata Prabowo-Sandi tidak memiliki dukungan signifikan, dari pemilih perempuan Prabowo-Sandi hanya memperoleh 30,5 persen. Sedang pemilih yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 13,9 persen.

(ams)