oleh

Bupati Huda : Munaqosah Sebagai Kiat Tingkatkan SDM

TUBAN. Netpitu.com – Bupati Tuban, H. Fathul Huda meninjau pelaksanaan Munaqosah tahun 2020 di desa Prambontergayang, Soko, Rabu (26/02/2020). Peninjauan ini menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian kunjungan kerja Bupati Tuban ke Kecamatan Parengan.

Tampak hadir mendampingi Bupati Tuban diantaranya Kepala Kantor Kemenag Tuban; Kepala Dinas Pendidikan; Kabag Kesra dan Kabag UPKP Setda Tuban; serta Camat Soko.

Kepada netpitu.com, Bupati Tuban menyampaikan kegiatan Munaqosah menjadi salah satu kiat Pemkab Tuban untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Langkah tersebut ditempuh dengan membentuk mental spiritual generasi masyarakat, terutama generasi muda.

Bupati berharap masyarakat semakin banyak yang mau belajar Alquran. Selain itu, orang tua juga mendaftarkan anaknya untuk belajar di TPQ.

“Sehingga anak-anak bisa belajar Alquran dan diajarkan sholat,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menekankan agar kelulusan peserta munaqosah tahun ini ditingkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tidak ada target khusus, yang terpenting peserta berusaha dengan semaksimal mungkin,” imbuhnya ke media ini.

Lebih lanjut, pelaksanaan Munaqosah sejalan dengan visi Pemkab Tuban untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban No. 6 Tahun 2016 Pendidikan Akhlak Mulia; serta Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tuban Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban menyaksikan proses ujian siswa yang dinilai oleh munaqis (tim penilai). Bupati juga berdialog dengan tim LPTQ Kabupaten Tuban terkait pelaksanaan kegiatan munaqosah yang digelar di sejumlah wilayah di kabupaten Tuban.

(met)