oleh

IPHI Tuban Harus Mampu Menjaga Kemabruran Peserta Haji

TUBAN. Netpitu.com – Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengingatkan  bahwa tugas utama bagi anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) adalah menjaga kemabruran haji demi terwujudnya kemaslahatan umat.

Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Tuban masa bakti 2015-2020 di Gedung KORPRI Kompleks Pendopo Kridho Manunggal, Sabtu (24/03/2018).

“Sebagai organisasi yang strategis, IPHI Tuban harus dapat mewujudkan kemaslahatan umat utamanya berkaitan dengan kesalehan religi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan IPHI dikatakan sebagai organisasi strategis atas dasar 3 alasan. Pertama, IPHI memiliki keanggotan yang jelas baik dari pusat maupun pengurus daerah. Kedua, anggota IPHI memiliki loyalitas yang tinggi.

“Ketiga, IPHI merupakan organisasi yang bersifat bottom-up. Artinya, organisasi ini memiliki sifat mengakar sampai pada pengurus terkecil,” imbuuh Bupati.

Bupati putra daerah Kecamatan Montong ini menghimbau kepada pengurus dan anggota IPHI untuk saling mengingatkan dan saling menguatkan. Di samping  itu, dia minta masing-masing anggota juga harus memiliki kemauan dan memiliki niat yang kuat untuk menjadi organisasi yang solid.

Selanjutnya, perlu juga evaluasi dan perbaikan guna terciptanya organisasi IPHI yang lebih baik.

“Yang tidak kalah penting adalah selalu berdoa agar IPHI selalu mendapat ridho dan berkah Allah SWT,” terang Bupati.

Dalam arahannya, H. Fathul Huda berharap juga agar IPHI memperhatikan dan menangani permasalahan haji kecil atau umroh.

“Sehingga seluruh jamaah, baik haji dan umroh dapat dijaga dan diselamatkan,” tegas Bupati. Selanjutnya, orang nomor satu di Tuban ini juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pengukuhan tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua IPHI Provinsi Jawa Timur, Drs. KH. Imam Kharomain As’ary, M.Si,  menuturkan agar organisasi ini selalu menjaga kemabruran haji menjadi salah prasyarat untuk melaksanakan kewajiban mewujudkan kemaslahatan umat. Dalam menjalankan tugas, hendaknya diniatkan ibadah kepada Allah.

“Sehingga pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan menyenangkan,” tuturnya.

Imam Kharomain juga menjelaskan pada bulan April nanti akan dilaksanakan Rakernas IPHI.

“Untuk itu, saya berharap IPHI Tuban juga dapat ikut berpartisipasi dengan mengirimkan perwakilannya,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, diamanatkan menjadi Ketua IPHI Tuban masa bakti 2015-2020. Di kesempatan yang sama, juga dilaksanakan pengukuhan Majelis Taklim Perempuan (MTP) Kabupaten Tuban.

(gio)