oleh

Tingginya Kemiskinan Berpengaruh Terhadap Anak Didik Miskin

TUBAN. Netpitu.com – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban yang rendah menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Tuban dan berimbas pada semakin tingginya kemiskinan di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tuban, H. Fathul Huda, mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, meresmikan Gedung SMP Bina Anak Sholeh (BAS) dan SMA Al Huda Boarding School di Aula Sekolah BAS Kabupaten Tuban, Sabtu (24/3).

Bupati Tuban yang juga pimpinan Yayasan Bahrul Huda ini mengatakan semoga kehadiran Menteri Pendidukan ini dapat memberikan kontribusi, inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Tuban.

“Saya minta Pak menteri dapat memberikan solusi dengan cara lain terkait hal ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Tuban juga menyampaikan kepada menteri pendidikan terkait dengan belum layaknya gaji guru tanpa harus menaikkan tarif SPP. Permasalahan lain yang menjadi kegelisahan Bupati Tuban adalah belum meratanya pendidikan yang dapat dirasakan oleh anak-anak.

“Khususnya bagi mereka-mereka yang anaknya dari keluarga yang tidak mampu. Selama ini yang bisa menikmati pendidikan yang berkualitas unggul hanya anak-anaknya orang mampu saja,” tuturnya.

Meskipun pemerintah telah melaksanakan beberapa program terkait upaya peningkatan pendidikan baik bidik misi, sekolah gratis dan sebagainya, namun masih juga belum bisa merata sepenuhnya.

“Hal ini merupakan tantangan yang perlu dihadapi kita semua,” ungkapnya.

Terkait dengan sistem fullday school, Bupati Tuban membebaskan sekolah negeri untuk memilih 5 atau 6 hari maupunboarding school atau fullday.

“Namun hingga saat ini masih belum direspon. Semua merupakan pengalihan bagaimana agar pendidikan tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang berkemampuan tapi bagaimana anak-anaknya dari orang yang tidak berkemampuan ini bisa kita angkat,” tegas Huda.

Untuk sekolah fullday school di Kabupaten Tuban baru ada tiga, yaitu Insan Kamil, Al Uswah dan Bahrul Huda.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP menyampaikan pentingnya pendidikan karakter anak bangsa.

Peresmian Gedung SMP dan SMA BAS ini turut dihadiri oleh Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, Sekda Kabupaten Tuban, serta Ketua DPRD Tuban.

(gio)