oleh

75 Kelompok Tani Dapat Bantuan Alat Pertanian Dari Kementan

-GOODNEWS-387 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro serahkan bantuan Alsitan yang bersumber dari dana APBN Tahun 2018, untuk 75  Kelompok Tani yang tersebar di 28 Kecamatan, Selasa (24/7).

Penyerahan Alsitan disaksikan anggota Komisi A, DPRD Bojonegoro, Dony Bayu Setiayawan, yang juga Sekrettaris DPC PDI Perjuangan Bojonegoro.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Achmad Jupari, bantuan Alsintan berupa  Pompa air 55 buah, Cultivator 15 buah, Transplater 5 buah, dan dibagikan kepada 75 Kelompok Tani.

Kepada kelompok tani yang memperoleh bantuan alat pertanian tersebut Achmad jupari berpesan agar Alsintan ini digunakan secara bersama anggota kelompok.

“Jangan dipakai sendiri oleh ketua ( kelompok tani),” tandasnya.

Dikatakan lebih lanjut, bantuan alat pertanian diberikan secara cuma-cuma alias gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Sementara itu, menurut Dony Bayu Setiayawan, dalam pemerintahan Presiden Jokowi, sektor pertanian menjadi prioritas perhatian, baik dari sisi anggaran maupun pengembangan usaha pertaniannya.

Karenanya industri pertanian berbasis teknologi menjadi salah satu cara untuk mencapai target swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Dengan bantuan alat pertanian ini tentunya akan sangat membantu petani dalam mengolah dan mengelola lahan sawahnya. Harapannya bisa memacu produktivitas hasil pertanian dengan biaya yang lebih murah.

Kedepan, Bojonegoro dalam kepemimpinan bupati yang baru (Anna Muawanah – Budi Irawanto) bisa menjadi lebih baik dan maju. Terutama di bidang pertanian.
Karena program-program bidang pertanian tingkat pusat bisa disinergikan dengan program yang sama di tingkat Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Kabupaten.

(dan)