oleh

Sekitar 1.253 Koperasi di Bojonegoro Dinyatakan Mati Suri

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekitar 1.253 lembaga koperasi di Bojonegoro mati suri. Tidak jelas apa yang menjadi penyebab bobroknya 1.253 lembaga koperasi tersebut.

Menurut Wawan Ssetyawan, Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro, dari 2.502 lembaga koperasi yang ada di Bojonegoro, 1.253 diantaranya tidak melaporkan rapat anggota tahunan.

”Dikategorikan tidak aktif, dikarenakan tidak melaporkan rapat anggota tahunan,” kata Wawan Setiawan, Rabu (25/7) di kantor Dinas Koperasi dan UKM, Bojonegoro.

Buruknya perkembangan perkoperasian di Bojonegoro ini juga ditandai dengan banyaknya lembaga perekonomian rakyat yang berazas gotong royong itu membubarkan diri.

Dikatakan Wawan, hingga 2016 lalu data yang tercatat di Dinas Koperasi Bojonegoro, sudah ada 66 koperasi yang bubar.

Dari pemantauan selama dua tahun terakhir, kata Wawan, terdapat satu koperasi di Kedewan yang berencana membubarkan diri.

“Belum lama  ini ada koperasi serba usaha di Kecamatan Kedewan, yang dalam rencana pembubaran,” jelasnya.

Beberapa faktor penyebab koperasi bubar ataupun mati suri diantaranya mengalami kebangkrutan, kehabisan modal atau pengurusnya tidak mampu mengelola koperasi.

Salah satu contoh, bubarnya Koperasi Unit Desa (KUD) Margomulyo, Kecamatan Balen, Bojonegoro, yang menurut Kepala Desa Margomulyo, Nadif Ulfa, dikarenakan ketidakmampuan pengurus mengelola management koperasi.

Terpisah Ketua KUD Kapas Bojonegoro, Ruslan, mengakui koperasinya belum bubar. Namun kondisinya sangat memprihatinkan, usaha yang dulunya sangat membantu warga. Saat ini hanya menarik pembayaran rekening listrik saja.

”Semestinya pemerintah peduli dengan koperasi di desa,” katanya.

Dia menegaskan Dinkopum Bojonegoro sangat tidak memperhatikan nasib koperasi. Seharusnya berusaha melakukan pembinaan khususnya memberikan pelatihan pengelolaan modal koperasi hingga pemasaran.

”Apalagi bicara modal, kami ini sudah tidak direspon. Termasuk oleh perbankan,” tegasnya.

 

(pur)