oleh

Kuswiyanto Diduga Belum Serahkan Surat Penguduran Diri Sebagai Anggota DPR

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kelengkapan data (berkas) peryaratan Pasangan Calon Bupati Mafudoh dan Calon Wakil Bupati Kuswiyanto diduga masih menyisakan masalah.

Lantaran sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat, Kuswiyanto sejak mendaftarkan dirinya sebagai calon Wakil Bupati Bojonegoro dalam perheatan Pilkada 2018 hingga sekarang belum menyerahkan bukti surat pernyataan pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan bukti tanda terima surat pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang dikeluarkan oleh intansi terkait.

Dalam postingan file data Pasangan Calon (Paslon) yang diupload KPU, dari 49 item dokumen persyaratan dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, Mafudoh – Kuswiynto, tidak terdapat surat pengunduran diri Kuswiyanto sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat asional (PAN).

Bahkan saat hendak menghadiri kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan madrasah se- Kabupaten Bojonegoro, di aula Kantor Kementerian Agama, Bojonegoro, Jum’at (26/1) Kuswiyanto masih menempatkan kapasitasnya sebagai anggota Komisi VIII, DPR RI. Padahal sesuai ketentua, saat dirinya mendaftarkan diri ke KPU sebagai caon Wakil Bupati maka ia harus menanggalkan jabatannya sebagai anggota Dewan Perwakilan rakyat.

Sementra itu, lacak data yang dilakukan netpitu.com di https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/jawatimur/bojonegoro/…. (nomor urut), dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Soehadi Moljono, Mitroatin, Budi Irawanto dan Basuki telah melengkapi berkas surat penguduran dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bojonegoro, bagi calon yang berasal dari anggota DPRD Bojonegoro, dan surat pengunduran atas permintaan sendiri dari pegawai negeri sipil bagi PNS.

Padahal sebelumnya KPU Kabupaten Bojonegoro telah mengumumkan bahwa untuk melengkapi persyaratan berkas pencalonan diberikan batas waktu sempai dengan 20 Januari 2018. Namun faktanya hingga 27 januari 2018 ini masih terdapat Paslon yang belum menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri dan surat tanda terima pengunduran diri dari Paslon Mafudoh dan Kuswiyanto.

Selanjutnya data file Paslon selengkapnya bisa diakses melalui : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/jawatimur/bojonegoro/386 (Paslon Mafudoh-Kuswiyanto)
https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/jawatimur/bojonegoro/682 (Paslon Soehadi Moeljono- Mitroatin)
https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/jawatimur/bojonegoro/685 (Paslon Basuki-Pujidewanto)
https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/jawatimur/bojonegoro/429 (Paslon Anna Muawanah – Budi Irawanto)

Berita ini masih membutuhkan konfirmasi dari Komisioner Pemilahn Umum Kabupaten Bojonegoro dan Kuswiyanto sebagai Pasangan calon wakil Bupati Mafudoh.

 

(R/dan)