Lagi Apes, Produsen Arak Terbaik Tuban Dibekuk Tim Saber Miras

- Team

Rabu, 27 Februari 2019 - 21:36

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tim Saber Miras, Polsek Semanding, Polres Tuban, Rabu (27/2/2019) berhasil membekuk produsen minuman keras jenis arak kualitas terbaik di Tuban.

Tim Saber Miras, Polsek Semanding, Polres Tuban, Rabu (27/2/2019) berhasil membekuk produsen minuman keras jenis arak kualitas terbaik di Tuban.

TUBAN. Netpitu.com -Ternyata di Kabupaten Tuban ada seorang yang ahli dalam membuat arak terenak, terbersih dan hasil karyanya patut diacungi jempol. Lama dia bersembunyi selama tiga bulan, tiba-tiba Tim Saber Miras Polsek Semanding berhasil membekuknya.

Ceritanya, Hadi Hariyanto, (40), warga Dusun Krajan, RT.003, RW.007, Desa Prunggahan Kulon Kec.Semanding Kab.Tuban, kembali tertangkap lagi oleh petugas, namun kali ini Tim Saber Miras Polsek Semanding yang langsung melakukan penangkapannnya dirumahnya, Senin sore, (26/02/2019) pukul 14.30 WIB.

Pelaku pembuat arak ini beda dengan produsen lainnya. Kalau dia ini dengan alat-alatnya yang sangat moderen tersebut per hari bisa menghasilkan 90 liter / hari. Demikian juga dengan alat yang moderennya ini bila baceman di masak, dipastikan tidak akan menimbulkan bau menyengat, sehingga tetangga tidak ada yang curiga kalau tsk memprodoksinya.

“Jadi tersangka ini ditangkap karen a dengan sengaja memproduksi minuman beralkohol jenis arak jawa didalam rumahnya. Dia merupakan pemain lama dan sudah dua kali tertangkap,” cetusnya Kapolsek Semanding AKP Desis Susilo saat ditemui netpitu.com, Rabu pagi, (27/02/2019).

Menurut Kapolsek Semanding ini melanjutkan penjelasannya, yang pertama pelaku produsen arak jawa ini ditangkap pada tahun 2017 dan hanya dikenai proses hukum putusan denda, dan sekarang tertangkap lagi.

Pada saat proses penangkapan tersangka ini AKP Desis Susilo menambahkan bahwa di tempat produksinya yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya itu anggota Tim Saber yang saat itu telah menyita 60 (enam puluh ) botol berisi arak @1.5 liter atau 90 liter arak siap edar. Lalu satu alat masak berupa Dandang, 13 Drum berisi baceman @ 200 liter yang sudah termasak 10 drum ( 2000 liter ) tinggal 3 drum atau total 600 liter. Kemudian 1 unit Kompor gas, 1 Gas LPG ukuran 3 Kg, 1 drum sebagai alat saring dan 1 drum berisi air pendingin.

Baca Juga :  Diputus KPPU Bersalah Grab Indonesia Harus Bayar Denda Rp. 29,5 Milyar

Kata petugas yang turut melakukan pengintaian dan penangkapan yang berhasil ditemui media ini, Yanto, (36), pelaku ini lain dengan prodosen miras lainnya.

“Pelaku atau produsen ini atau panggilan masyarakat sekitarnya Heri, tidak hanya produsen handal saja. Dia juga punya keahlian special yaitu elektro yang bisa membuat alat suling miras dari aliran listrik. Hasil nya arak akan lebih berkuwalitas, sangat bening dan sangat bersih,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dua Orang Warga Kanor Diamankan Polisi

“Pokoknya, pelaku bisa memproduksi miras mulai dari kadar 15 % sampai dengan 100 %. Intinya pemesan bisa sesuai dengan pesanan konsumen,” seloroh Desis Susilo menimpali.

Detailnya tidak tanggung-tangung pemesan arak hasil karyanya di ambil tengkulak dari kota jauh-jauh. Ada yang dari kota Pudak (Gresik), Surabaya, Mojokerto . Tiap satu dus berisi 12 botol dan tiap botol berisi 1,5 liter dengan harga Rp 475.000,-

“Pelaku sudah yang tiga bulan baru menjalankan operasionalnya kami kenai pasal 135 jo pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86 (2) UU No 18 Tahun 2012 tentang PANGAN atau Pasal 204 Ayat (1) KUH Pidana,” ungkapnya.

(met)

Berita Terkait

Kejaksaan Bojonegoro Tahan 4 Kades Tersangka Korupsi BKKD Nek Kecamatan Padangan
Dugaan Korupsi Praoto Siaga, Kejaksaan Bojonegoro Ijek Mumet Goleki Tersangka Utama
Bebani Masyarakat, Sarbumusi Bojonegoro Tolak Tapera
Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh
Mantan Camat Padangan Kembali Dihadirkan di Persidangan Dugaan Korupsi BKKD
Putusan Banding PT Tipikor Surabaya Bebaskan Shodikin Dari Dakwaan Primair JPU
Jual Proyek Fiktif Kades Kanten Dilaporkan Ke Polisi
Anwar Sholeh Serahkan Bukti Tambahan Kasus Dugaan Pemalsuan Data Otentik