oleh

Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

BOJONEGORO. Netpitu.com – Jutaan ribu batang rokok tanpa pita cukai dibakar Kantor Bea Cukai Bojonegoro, Rabu (27/3/2019).

Pemusnahan jutaan ribu batang rokok ilegal ini dilakujan bersama Kejaksaan Negeri Bojonegoro.

Rokok yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil dari penindakan terhadap rokok yang tidak dilekati dengan pita cukai dan dilekati pita cukai palsu.

Pelanggaran atas pemakaian pita cukai palsu ini merupakan pendalaman dari indikasi awal berupa pemasaran rokok yang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan rokok dengan rokok lain yang menggunakan pita cukai legal.

Menurut Kasi Penindakan ( P2) Wiji, mengatakan berdasarkan informasi tersebut maka bea cukai Bojonegoro melakukan penindakan secara serentak dengan melibatkan kantor wilayah baik di Jawa barat, Jawa tengah, D.I.Yogjakarta dan Jawa timur I.

Dari hasil penindakan ini mendapatkan 2.198.764.batang rokok menggunakan pita cukai palsu dan berhasil menyelamatkan potensi pungutan cukai rokok sebesar Rp.749.510.560.

Dari data hasil penindakan menunjukan bahwa penindakan yang dilakukan Bea cukai Bojonegoro pada tahun 2018 menghasilkan peningkatan nilai temuan dibandingkan dengan penindakan pada tahun sebelumnya.

Trend peningkatan ini dengan harapan untuk menekan tingkat peredaran rokok ilegal di wilayah Bojonegoro dan Tuban. Atas temuan tersebut dengan terus melakukan operasi penindakan yang tidak hanya dilakukan Bea Cukai Bojonegoro akan tetapi di wilayah lainya.

(dan)