Ketua MUI Kukuhkan Pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Tuban

- Tim

Sabtu, 27 April 2019 - 23:39

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban, KH. Abdul Matin Djawahir mengukuhkan Dewan Pimpinan MUI Kecamatan se-Kabupaten Tuban masa khidmat 2018 – 2023.

Bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Sabtu (27/04/19) hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si, Perwakilan Polres dan Kodim 0811, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Pengurus MUI Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan, Camat dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Se-Kabupaten Tuban, Tokoh masyarakat dan Ormas Islam, serta pengurus DP MUI dari 20 Kecamatan yang dilantik kurang lebih berjumlah 600 orang.

Dalam sambutannya Ketua MUI Kabupaten Tuban, KH Abdul Matin Djawahir mengatakan bahwa selama ini kepengurusan MUI Tuban berjalan sangat erat dan harmonis, baik dari tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pengurus MUI berasal dari dua ormas islam terbesar, mulai dari Pimpinan Cabang Nahdlatul ulama (PCNU) dan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tuban sampai di tingkatan kecamatan dan desa.” Ujarnya ketika berjumpa netpitu.com

Baca Juga :  Agustusan Istana Merdeka Gelar Zikir Bersama Ulama dan Santri

Kyai Matin yang biasa disapa begitu, berharap kepada para pengurus DP MUI kecamatan-kecamatan se-Kabupaten Tuban yang baru dilantik untuk tetap menjaga kekompakan dan keharmonisan, terutama disaat sekarang ini setelah menghadapi Pemilu serentak.

“Saatnya kembali menjalin dan merajut ukhuwah islamiyah yang selama ini mungkin sedikit terusik, saatnya kita menata umat untuk bisa manjalankan hidup sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Ketua MUI yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bejagung Tuban ini menambahkan bahwa pengurus MUI harus bisa menjadi sosok pendingin di masyarakat. Perlu disadari, walaupun yang paling benar menurut keyakinan kita dari semua agama adalah agama kita sendiri. Namun, tetap harus menghormati agama lain, maka dari itu diperlukan wawasan kebangsaan yang tinggi dari kita semua.

“Islam adalah agama yang paling benar tetapi kita juga harus menghormati dan bertoleransi kepada agama lain. Dan yang perlu kita ingat bahwa kedepan kita menghadapi persoalan bangsa yang semakin rumit, oleh sebab itu persatuan dan kesatuan harus diutamakan,” ujar sosok pemuka agama Islam Tuban, KH Abdul Matin.

Baca Juga :  Kadisnaker Jatim : Semua Orang Harus Menjadi Profesional

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si memberikan apresiasi terhadap pengukuhan DP MUI Kecamatan Se-Kabupaten Tuban ini, menurutnya selama ini MUI telah menjadi mitra strategis bagi pembangunan keagamaan di Kabupaten Tuban, terutama dalam mewujudkan Visi Kabupaten Tuban menuju masyarakat yang Religius.

Sekda berharap kepada semua pengurus MUI yang memiliki anggota sampai ketingkat Kecamatan diharapkan juga nanti bisa menjadi mitra diberbagai bidang yang lainnya seperti, pendidikan, pertanian dan juga mempunyai peranan signifikan untuk pengurangan angka jumlah kemiskinan di Kabupaten Tuban yang hingga kini masih cukup tinggi.
“Pengurus dan anggota MUI tersebar dan dekat dengan masyarakat sampai di desa, sehingga diharapkan adanya masukan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban tentang Program Kegiatan yang dijalankan kedepan agar semakin tepat sasaran,” ujar Sekda Pemkab Tuban ini kepada media ini.

Baca Juga :  TMMD, Tak Hanya Rehab RTLH Tentara Juga Bantu Petani Panen Padi

Saat ini menurut Sekda, Pemkab Tuban juga sudah berusaha untuk fokus pada peningkatan pendidikan karakter para pemuda di Kabupaten Tuban, terutama pada tingkatan SMP dan SMA sederajat. Setiap hari minggu digelar Pengajian remaja di Masjid Agung dan Masjid Rahmad Tuban, juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Jatirogo. Kedepan direncanakan kegiatan serupa akan di laksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Oleh sebab itu dibutuhkan pula dukungan dari MUI di tingkat kecamatan-kecamatan,” harapnya.

Selain pelantikan DP MUI Kabupaten Tuban pada kesempatan ini juga dilaksanakan Mudzakaroh (seminar) Da’i, dengan tema “ Dengan Pengukuhan Dan Mudzakarah Da’i Kita Tingkatkan Peran Ulama dan Umaro Dalam Membangun Sinergi Umat Untuk Tuban Yang Berkeadaban ”

Dengan Narasumber Ketua MUI Tuban, Sekda Tuban dan Ketua Dewan Pengurus MUI Jawa Timur, Prof. KH. Ahmad Faishol Haq, M.Ag. yang juga Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya.

(met).

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00