oleh

Lapas Tuban Peringati HUT ke 56 Dengan Video Conference

TUBAN. Netpitu.com – Puncak peringatan HUT Pemasyarakatan Ke-56 hari ini Senin (27/04) digelar di Lapas Tuban. Namun upacara kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gelaran Upacara kali ini dilaksanakan via teleconference terpusat di Kantor Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Upacara dengan tema “Speed Up Berprestasi Pemasyarakatan PASTI Bersih Melayani” diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural Lapas Tuban. Dalam rangkaian acara dilaksanakan juga penandatangan secara virtual Prasasti Peresmian Satuan Kerja Pemasyarakatan oleh Menkumham RI.

Selain itu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI menyerahkan piagam penghargaan kepada Satuan Kerja melalui aplikasi Zoom.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI beliau menyampaikan bahwa Komisi Tinggi PBB memberikan pertimbangan perlindungan kepada setiap orang yang berada di tempat penahanan dengan kondisinya overcrowded dan tidak dimungkinkan adanya physical distancing melalui kebijakan pembebasan
sementara.

“Menkumham juga menginstruksikan pada jajaran Pemasyarakatan untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan, mulai dari penyiapan bilik sterilisasi, penghentian sementara penerimaan tahanan, subtitusi layanan kunjungan dengan layanan daring, pelaksanaan sidang online, sampai pada kebijakan program asimilasi
dan integrasi melalui Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020,” ujar Kalapas II B Tuban, Siswarno kepada netpitu.com usai upacara ini.

Para peserta upacara mengikuti upacara dengan penuh khidmat dan sederhana serta tetap menerapkan physical distancing dan mengenakan masker.

(met)