10 Cara Kontrol Kadar Gula Darah Tinggi Tanpa Obat

- Tim

Kamis, 27 Juli 2017 - 10:27

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Netpitu.com – Setiap orang mesti mewaspadai kadar gula darah tinggi. Sebab, jika tidak terkontrol, kesehatan tubuh akan merosot dan membuat Anda mengidap penyakit serius, seperti diabetes.

Tingkat gula darah bisa diketahui dengan mengambil sampel darah, baik dalam keadaan berpuasa, atau dua jam setelah makan. Jika gula darah Anda kurang dari 100 mg/dL setelah delapan jam berpuasa, atau kurang dari 140 mg per dL dua jam setelah makan, artinya gula darah Anda normal.

Jika Anda melakukan tes pada pagi hari setelah tidur selama delapan jam, dan gula darah Anda mencapai 126 mg per dL atau lebih tinggi, itu berarti gula darah Anda tinggi.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk menurunkan kadar gula darah, Anda bisa melakukannya tanpa konsumsi obat. Cukup dengan mengonsumsi suplemen dan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana, namun efektif.

1. Makan sedikit gula/karbohidrat olahan

Cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah ialah dengan mengurangi konsumsi gula. Semakin sedikit gula yang dikonsumsi, maka semakin kecil pula respons metabolik, menjaga tingkat pankreas, dan insulin Anda tetap sehat. Kurangi makanan dan minuman manis, termasuk nasi yang merupakan sumber karbohidrat. Mulai sekarang perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

2. Konsumsi lebih banyak protein dan lemak

Sumber protein seperti putih telur, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak termasuk makanan yang tidak mengandung gula. Dengan mengonsumsi makanan ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah, dan memberi rasa kenyang. Bagi Anda penggemar sandwich, pilih roti gandum sebagai pengganti roti putih. Sedangkan, untuk camilan makan kacang dan buah atau salad dengan minyak zaitun.

Baca Juga :  Pers Pencasila dan Jurnalisme Patriotik

3. Whey protein

Whey protein menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk respons insulin. Satu sampai dua sendok whey protein yang dikonsumsi 20 hingga 30 menit sebelum makan, dapat memperbaiki penyerapan gula.

4. Aktif bergerak

Cara terbaik untuk mengatur kadar gula darah tetap normal adalah dengan aktif bergerak. Gula digunakan untuk memberi bahan bakar pada otot ketika berjalan, joging, mengangkat beban, dan aktivitas lainnya. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu memulihkan pengidap prediabetes dan mengatur gula darah.

5. Olahraga

Latihan ketahanan secara reguler seperti bersepeda, berenang, joging, atau bentuk olahraga teratur lainnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur metabolisme gula. Selain itu, dapat menciptakan manfaat jangka panjang untuk memperbaiki diri dan menjaga kesehatan.

6. Konsumsi makanan lebih sedikit

Bila makan terlalu banyak, tubuh Anda mengalami kesulitan menghancurkan dan menyerap nutrisi. Jika mengonsumsi makanan yang  tinggi kadar karbohidrat, itu pun menjadi masalah. Gula akan diserap tubuh dan dikirim ke pankreas, disertai respons insulin. Jika terlalu banyak gula dalam tubuh, maka akan menambah lingkar pinggang dan meningkatkan kadar gula darah. Dengan mengonsumsi makanan lebih sedikit, Anda bisa membatasi respons insulin dan mengatur kadar gula darah.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Invesment Day di Surabaya

7. Asam Lipoat Alfa (ALA)

ALA adalah antioksidan yang diproduksi tubuh, namun kini juga tersedia dalam bentuk suplemen . ALA akan membantu tubuh memanfaatkan gula darah dan mengubahnya menjadi energi, sekaligus melawan kerusakan dan infeksi pada organ tubuh. Bukti menunjukkan bahwa ALA membantu menurunkan kadar gula darah, memperbaiki respons insulin, dan neuropati perifer pada penderita diabetes.

8. Kayu manis

Menambahkan kayu manis untuk membumbui makanan atau mengonsumsinya sebagai suplemen juga bisa membantu menurunkan gula darah tanpa obat-obatan. Dosis hingga enam gram per hari akan mengurangi gula darah dan faktor risiko diabetes lainnya.

9. Teh hijau

Minum teh hijau adalah cara lain untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi berat badan. Keduanya penting dalam mengatur gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Orang yang minum teh hijau hingga enam cangkir per hari memiliki risiko lebih rendah mengidap diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular lainnya, dibandingkan mereka yang minum satu cangkir per minggu.

10. Kromium

Mineral kromium dapat membantu kerja hormon insulin. Hormon insulin berfungsi untuk memasok gula dari darah ke sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Dengan demikian, kadar gula dalam darah akan menurun karena dikonversi menjadi energi. Kromium dapat ditemukan dalam sayur-sayuran seperti brokoli, kentang, dan kacang polong, daging sapi dan ayam, apel dan pisang, serta susu dan produk turunannya.

Baca Juga :  Membaca Strategi Politik Suyoto Dalam Pilkada Bojonegoro

Kadar gula darah dan berat badan dalam tubuh akan terkontrol dengan sendirinya jika mendapatkan asupan makanan sehat secara teratur. Penyandang diabetes harus memerhatikan porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi saat jam makan dan waktu mengemil.

Untuk membantu mencukupi nutrisi harian, penyandang diabetes dapat mengonsumsi Diabetasol. Ini adalah asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk penyandang diabetes.

Keunggulan Diabetasol yaitu nilai gizinya lengkap dan seimbang sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makan, Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga kenaikan gula darah setelah makan tidak meningkat secara drastis, serta Indeks Glikemiknya rendah (31) sehingga dapat diserap perlahan-lahan oleh tubuh.

Diabetasol tersedia dalam pilihan rasa cokelat, vanila, dan cappucino yang bisa dipilih sesuai selera. Diabetasol dapat diminum setiap hari, yaitu 2 gelas/hari sebagai pengganti makan utama (pagi dan malam) atau pengganti makan total (Per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal).

Berita Terkait

Copras – Capres 2024
Tampil Unik Peserta Lomba Nyanyi Lagu Kenangan Ini Dapat Hadiah Dadakan
LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
Wartawan Bojonegoro Unjuk Rasa di Depan Mapolres, Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00