oleh

PJ. Bupati Bojonegoro Dilabrak Empat Kades dan Warganya

BOJONEGORO. Netpitu.com – Enam (6) Kepala Desa dengan dibarengi ratusan warga Desa nglabrak PJ. Bupati di kartor Pemkab Bojonegoro, Jumat (27/7). Ke enam Kades tersebut tidak terima atas pemecatan dengan tidak hormat oleh PJ. Bupati Bojonegoro, karena tidak melantik perangkat Desa yang dinyakan lulus tes perangkat.

Ke enam Kades tersebut adalah Kepala Kedungrejo Mustakim, Kepala Desa Sukorejo Didik Dwi Agung, Kepala Desa Sumberejo Santosa (Kecamatan Malo), Kades kuniran Mashudi (Kecamatan Purwosari), Kades Wotan ngare ,Ali Mukti (Kecamatan Kalitidu ), Kades Jatimulyo,Teguh Widodo (Kecamatan Tambakrejo).

Rombongan Kades tersebut diterima di Ruang Sinergi Room Lantai 6 kantor Pemkab Bojonegoro, oleh Plt Sekda Yayan Rohman, Asisten 1, DjokoLukito, dan Camat di empat Kecamatan, dengan tidak boleh diliput oleh wartawan.

Seperti diketahui 6 Kepala Desa tersebut telah diberhentikan secara tidak hormat melalui Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Bojonegoro DR Suprianto,SH,MH, tertanggal Rabu 25 Juli 2018.

SK Pemberhentian tidak hormat enam kades itu, sudah ditanda tangani Pj Bupati Bojonegoro DR Suprianto,SH,MH, dengan tembusan Ketua DPRD Bojonegoro, Camat, Ketua BPD, dan Kepala desa yang diberhentikan.

Pemberhentian kades itu, sebagaimana disebutkan dalam SK Pemberhentian, berdasarkan ketentuan Pasal 61 ayat (1) huruf c dan ayat (2) huruf d dan huruf f, Peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 13 Tahun 2015 tentang kepala Desa dan pasal 23 ayat (4) Peraturan Bupati Bojonegoro nomor 29 tahun 2016 tentang peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 13 tahun 2015 tentang Kepala Desa, yang pada pokoknya menyatakan tentang pemberhentian kepala desa dengan tidak hormat.

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh enam kades sehingga diberhentikan dengan tidak hormat dikarenakan mereka tak bersedia melantik para perangkat desa yang ada di wilayahnya, padahal mereka sudah dinyatakan lulus dalam ujian perangkat desa serentak yang berlangsung 26 Oktober 2017 lalu.

Salah satu tokoh masyarakt asal Desa Kuniran Bambang Lukmanto (60), menyatakan tidak terima dengan putusan PJ. Bupati dan memibta PJ Bupati untuk membatalkan putusan tersebut.

Iapun menganggap SK Pemberhentian tidak dengan hormat tersebut tidak ini sah karena sebagai PJ Bupati, Suprianto tidak memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pemberhentian maupun pengangkatan.

“Tolong jangan seenaknya memberhentikam kades saya ,dia itu Pilihan rakyat  Kog seenaknya,” ucapnya.

(dan)