oleh

Tergiur Prospek Bisnis Porang, Bupati Huda Ingin Tanaman Ini Dibudidayakan di Tuban

-EKONOMI-602 views

TUBAN. Netpitu.com – Bupati Tuban menindaklanjuti untuk mengembangkan tanaman porang hasil kreativitas petani-petani polowijo jagung di hutan Perhutani KPH Parengan. Upaya untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dibidang pertanian ini dalam hal ketahanan pangam H. Fathul Huda setelah mengetahui dari laporan Kepala Desa Parangbatu, kecamatan Parengan begitu kembali ke Tuban usai melakukan kunjungan melihat tanaman Porang yang berada di petak 68 Resort Pemangku Hutan( RPH ) Ponco, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Parengan Selatan Desa Parangbatu. Kamis lalu, (06/08/2020)

Dalam kunjungan ke Pos Tunggal Mandiri ( PTM) 16 yang berada di petak 68 A1 RPH Ponco di damping oleh Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Villiala Romadhon, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), saat berdialog dengan Lembaga Masyarakat Desa LMDH Jati Asri dan Perhutani Asisten Perhutani (Asper) BKPH Parengan Selatan Eko Purwanto saat itu Bupati Tuban Fatkul Hudha bersama Dandim 0811 Tuban melihat dan memperoleh penjelasan bahwa tanaman Porang di hutan petak tersebut seluas 2 ha mempunyai prospek yang bagus dan sedianya akan mengajak investor untuk menanam porang di lahan Perhutani.

“Melalui Pak Kades Parangbatu, Suwarno, hari ini, Pak Bupati menginginkan keluasan yang dikehendaki minimal 10 ha,” ungkap Asper BKPH Parengan Selatan yang didampingi Kades kepada netpitu.com.

Di tempat terpisah Wakil Administratur KPH Parengan, Suhartono yang berhasil ditemui media ini di ruang kerjanya menyatakan Perhutani Parengan akan mendukung Bupati Tuban yang ingin mengembangkan tanaman porang di wilayah BKPH Parengan Selatan dan secepatnya akan menyedikan lahan yang di kendakinya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Pemkab Tuban, Murtadji saat dihubungi netpitu.com , Kamis, (27/08/2020), melalui pesan what’sAppnya menyampaikan, Bupati Tuban menyatakan terima kasih kepada Perhutani Parengan yang sudah bekerja sama dengan masyarakat Desa yaitu LMDH Jati Asri yang mana kreatifitasnya membudidayakan tanaman porang jenis komoditas baru di wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan.

“Saya pribadi dan atas nama Bupati Tuban sangat mensupport dan mudah – mudahan kedepan bisa membawa hasil yang barokah demi masyarakat Desa Parangbatu.

(met)