oleh

Divonis 1,5 Tahun Penjara, Ahmad Dhani Langsung Ditahan

JAKARTA. Netpitu.com  –  Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 18 bulan hukuman kurungan penjara kepada Ahmad Dhani dalan kasus ujaran kebencian.

Artis penyanyi dan pencipta lagu Ahmad Dhani dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus ujaran kebencian, pada Senin (28/1/2019). Vonis yang dijatuhkan majelis hakim PN Jakarta Selatan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa penuntut umum, yang menuntut Ahmad Dhani 2 tahun pejara.

Dalam sidang putusan, Ahmad Dhani terbukti melanggar Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang nomor 19 tahun 2016 tentang infomasi dan Transaksi Elektronik pasal 55 ayat 1 KUHP.

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Ketua H Ratmoho, Ahmad Dhani disebut terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan ujaran kebencian.

“Menyatakan terdakwa saudara Dhani Ahmad Prasteyo alias Ahmad Dhani terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan,” ujar hakim ketua Ratmoho saat membacakan amar putusan, Senin, (28/1/2019).

Atas perbuatannya itu, Majelis Hakim menjatuhkan Ahmad Dhani hukuman 1 tahun 6 bulan penjara. Setelah putusan, Ahmad Dhani pun langsung ditahan di Rutan Cipinang.

Tak hanya memvonis Ahmad Dhani 18 bulan penjara, hakim juga memerintahkan pemusnahan sejumlah barang bukti yang sebelumnya telah disita. Beberapa di antaranya adalah handphone, kartu telepon seluler, hingga akun media sosial.

“Menetapkan barang bukti berupa flash disk berupa isi screenshot Twitter. Selain itu, handphone beserta simcard Indosat, XL dirampas untuk dimusnahkan dengan cara dinonaktifkan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo). Kemudian, satu email dan akun Twitter juga dirampas dan dimusnahkan.”

(ams)