oleh

Di Balikpapan Jokowi Ajak Pendukungnya Lawan Hoax

BALIKPAPAN. Netpitu.com – Ribuan pendukung Jokowi di Balikpapan, Kalimantan timur, menyambut kedatangan Calon presiden petahana nomor urut 01 Pilpres 2019, Joko Widodo, dengan gegap gempita, saat kampanye terbuka di Sport and Convention Center (Dome) Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019).

Saat memasuki lokasi kampany, Jokowi yang memakai kemeja putih dipadu jins biru langsung diserbu ribuan pendukungnya. Jokowi pun menyalami para pendukungnya tersebut sembari berjalan ke arah panggung kampanye.

Jokowi menyebut Balikpapan Kaltim merupakan etalase Indonesia lantaran penduduknya beragam dan ini jadi kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kalau 2014 Jokowi menang 63 persen. Pada 2019 minimal 70 persen. Tanggal 17 sore, saya telepon ketua (TKD),” kata Jokowi dibalas jempol Ketua TKD Kaltim Irjen (purn) H Safaruddin dan ribuan jempol pendukungnya.

Dalam orasinya, Jokowi mengajak para pendukungnya untuk tidak pernah takut melawan. Terutama persoalan hoax yang menurutnya, mulai masif ditujukan ke dia dan pasangannya, KH Ma’ruf Amin.

“Pekerjaan kita sekarang ini dari pintu ke pintu, dari rumah ke rumah untuk menyampaikan apa yang kita kerjakan. Dan juga untuk menepis isu-isu yang sekarang banyak di medsos maupun sudah masuk ke rumah-rumah,” kata Jokowi, dalam orasinya, Kamis 28 Maret 2019.

Ia menyebut, seperti isu melegalkan pernikahan sejenis jika Jokowi-Ma’ruf Amin menang. Lalu, isu pelarangan azan jika petahana menang. Juga kabar yang dianggap bohong adalah melegalkan zina.

Dalam berbagai kesempatan, Jokowi sendiri menyebutkan awalnya ia tidak ambil pusing dengan berbagai isu-isu. Seperti kriminalisasi ulama, anti Islam, hingga kabar dia dan keluarganya adalah PKI.

Hanya saja, dari survei yang dilakukan, ada sebanyak 9 juta orang lebih percaya dengan kabar-kabar hoax tersebut.

“Ini bohong semuanya hoax semuanya, sehingga harus diluruskan. Harus berani melawan hoax, berani melawan fitnah, berani melawan kabar-kabar bohong. Sanggup? Jangan ada yang takut untuk melawan itu, betul,” kata Jokowi disambut riuh.

Untuk menyemangati para pendukungnya, Jokowi mengajak agar semua pendukung bekerja keras, menyampaikan program dan pencapaian pemerintah dari pintu ke pintu.

“Tanggal 17 April tinggal 22 hari. Bapak-ibu dan saudara-saudara sekalian mengajak teman-teman, handai taulan, tetangga untuk berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilihnya. Jangan biarkan satu orang pun golput (golongan putih),” ucap Jokowi.

“Dan saya titip jangan lupa kita ke TPS pakai baju putih, nyoblosnya juga yang bajunya putih,” tutur Jokowi. menutup orasi politiknya.

Sebelum datang di lokasi kampanye akbar di Dome, Balikpapan, Jokowi menyempatkan diri singgah di Mandar untuk menyapa para nelayan. Di Mandar pun ribuan masyarakat yang sudah lama menunggu kedatangan Jokowi rela berpanas-panasan untuk bisa ketemu Presiden Joko Widodo.

Jokowi hadir rakyatpun senang.

(*/ams)