Hujan dan Puting Beliung Sapu Tiga Kecamatan di Bojonegoro

- Tim

Kamis, 28 Maret 2019 - 20:56

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hujan deras disertai angin puting beliung yang turun Kamis (28/3/2019) sore telah memporak-porandakan tiga Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Hujan deras disertai angin puting beliung yang turun Kamis (28/3/2019) sore telah memporak-porandakan tiga Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

BOJONEGORO.Netpitu.com – Hujan disertai angin puting beliung yang turun pada Kamis (28/32019) sore, menyapu tiga Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan Kalitudu, Kecamatan Gatam dan Kecamatan Malo.

Di Kecamatan Kalitidu setidaknya terdapat tuga Desa yang menjadi sasaran amuk angin puting beliung. Akibatnya banyak pohon tumbang, atap rumah warga porak poranda dan APK ( Alat Peraga Kampanye ) yang rusak.

Empat Desa yang diterjang angin puting beliung di Kecamatan Kalitidu, diantaranya Desa Sumengko, Desa Brenggolo, Desa Talok ,dan Desa Mlaten.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut sumber dari BPBD Bojonegoro pada hari Kamis, (28/3/2019) sekitar pukul 15.30 wib terlihat awan hitam di langit dari arah selatan dan barat wilayah Kalitidu.

Baca Juga :  Partai Demokrat, Mulai Panaskan Mesin Partai

Selang beberapa menit terjadi angin yang sangat kencang dan hujan deras sehingga mengakibatkan beberapa pohon, APK ambruk, dan beberapa rumah warga rusak ringan dan berat di bagian atap. 

Terkait kerugian saat ini sedang dalam pendataan oleh pihak yang berwenang sementara itu warga bergotong royong untuk menyingkirkan pohon yg tumbang dan menghalangi jalan serta membersihkan puing2 atap bangunan yg rusak. 

Selain itu di Kecamatan Gayam juga terjadi angin puting beliung hari Kamis 28 maret 2019 pukul 16.00 Wib, di Desa Cengungklung, Desa Manukan, Kecamatan  Gayam.

Data sementara rumah warga kena angin topan di Desa Cengungklung, terdapat 12 warga Desa yang rusak akubat terjangan angin. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada aliran kabel listrik yang terputus karena tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Kinerja ASN Pemkab Adakan Bimtek SAKIP

Sementaea itu, hujan disertai angin kencang juga menumbangkan banyak pohon di sekitar jalan Desa di Kecamatan Malo. Sedikitnya ada empat Desa yang terkena dampak amukan angin kencang saat hujan sore tadi.

Keempat Desa tersebut adalah, Desa Banaran, Desa Trembes, Desa Semlaran, dan Desa Tanggir.

Hujan disertai angin kencang yangvterjadi pada pukul 16.00 hingga 17.00 Wib itu selain menumbangkan banyak pohon juga 1 rumah milik warga Desa Trembes, Rusdi, roboh. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian di Desa Trembes ini.

Baca Juga :  Relawan Gugus Tugas Deklarasikan #TubanMaskeran

Di Desa Semlaran, satu rumah gudang,, milik Dafel, terbang terbawa angin. Mengakibatkan sebagian rumah induk rusak.
Sedangkan di Desa Tanggir, satu pohon Asam tumbang ditengah jalan raya. Puluhan pohon tumbang juga terjadi di daerah Kedung Srunggo, Dusun Kampak.

Sementara itu terdapat satu korban bencana yang tersambar petir di Desa Tinawun, bernama Sarni. Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Aisyiah,Bojonegoro.

Pasca hujan penanganan bencana sementara dilakukan oleh bersama Forkopimca, kepala Desa, perangkat dan warga masyarakat yang bergotong royong untuk mengevakuasi poho- pohon yang tumbang.

(dan)

Berita Terkait

Wartawan Bojonegoro Unjuk Rasa di Depan Mapolres, Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis
Trend Penularan Covid19 di Bojonegoro Terus Meningkat, Tenaga Kesehatan Disasar
Terapkan PSBB, Bojonegoro Kembali Berlakukan Jam Malam
Kembali ke Zona Merah, Resiko Penularan Covid-19 di Bojonegoro Tinggi
Wabah Covid19 di Bojonegoro Mulai Menggila
Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina
Hadapi Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 1000 Tangki Air Bersih
Belum Ada Tanaman Pengganti, Penebangan Pohon di 5 Titik Jalan Dalam Kota Bojonegoro Dipertanyakan