oleh

DAK Pendidikan Untuk Bantuan Siswa SMA Rp 2 Juta Per Tahun Bakal Dicairkan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan yang dialokasikan dalam APBD Bojonegoro Tahun Anggaran 2018 mulai bisa disalurkan kembali. Setelah sebelumnya proses penyerapannya sempat terhenti karena adanya penyesuaian anggaran belanja daerah.

Untuk memastikan kelanjutan penyaluran DAK pendidikan yang dipetgunakan untuk bantuan hibah pembiayaan siswa SMA sebesar Rp. 2 juta per tshun itu, Senin (28/5)
Sekretaris Daerah Bojonehoro telah mengumpulkan beverapa pejabat terkait.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Kab. Bojonegoro, Heru Sugiharto, DAK pendidikan tetap dilanjutkan realisasi penyalurannya.

Dari 28 Kecamatan, 6 (enam) Kecamatan telah disalurkan ke rekening kas Desa masing-masing yaitu Kecamatan Ngasem, Purwosari, Bubulan, Gondang, Kedewan dan Ngambon.
Seadang 14 Kecamatan lainnya masih dalam proses di BPKAD dan 8 Kecamatan belum mengajukan proposal pencairan ke BPMD Bojonegoro.

DAK pendidikan yang telah masuk rekening kas Desa dihimbau agar segera didistribusikan kepada siswa penerima dengan berkoordinasi BPR Bojonegoro.

Selanjutnya bagi Desa yang belum mengajukan proposal pencairan agar segera mengajukan proposal pengajuan dana ke BPMD melalui Kecamatan masing-masing, dikarenakan sebentar lagi telah memasuki ajaran baru bagi siswa kelas X dan XI, dan lulus sekolah bagi suswa kelas XII.

Sebelumnya beredar kabar realisasi DAK pendidikan ini terjadi hambatan pencairan karena besaran anggarannya dikurangi untuk memenuhi kebutuhan anggaran pokok pikiran anggota DPRD Bojonegoro (Jasmas).

(pur)