Mencuri Saat Lebaran Ditangkap Polisi

- Tim

Rabu, 28 Juni 2017 - 05:14

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MAS, Warga Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro ini manfaatan moment rumah sepi saat ditinggal mudik pemiliknya untuk berlebaran.

MAS, Warga Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro ini manfaatan moment rumah sepi saat ditinggal mudik pemiliknya untuk berlebaran.

BOJONEGORO. Netpitu.com – Hari raya Idhul Fitri, nampaknya bukan hanya menjadi ajang silaturahmi antar kerabat, teman, dan tetangga untuk bermaaf-maafaan. Namun juga memberikan kesempatan pada niat jahat seseorang yang ingin berbuat kriminal, khususnya mencuri di rumah orang lain.

Peluang tulah yang dimanfaatkan oleh seoraang wargaa Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro, berinisial MAS alias GGN bin SKD (31). Mas, Senin (26/6) nekat menyatroni rumah tetanganya, Trisni (62).

Menurut penuturan Kapolsek Dander, AKP. Sunarmin, kronologi peristiwa pencurian bermula pada Senin (26/6) sekitar pukul 20.00 WIB, saksi korban pencurian mendengar suara gemlodak di dalam rumahnya saat itu korban sedang berada di luar rumahnya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya korban mengecek ke dalam rumah, namun tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Ketika korban hendak keluar rumah kembali mendengar suara gemlodak lagi.

“Sumber suara berasal dari sekitar kamar yang kesehariannya ditempati oleh anaknya, yang saat ini sedang mudik ke Banyuwangi.” terang Kapolsek mengutip keterangan Trisni.

Baca Juga :  Polisi Kawal Jalannya Sidang Tipiring Hasil Operasi Sikat Semeru

Lanjut Kapolsek, setelah korban mengetahui asal suara tesebut, akhirnya korban masuk ke dalam kamar dan membuka pintu jendela dari dalam. Namun alangkah kagetnya korban, karena ia melihat di luar jendela ada seseorang yang sedang berdiri. Sedangkan papan yang digunakan untuk menutup jendela dari luar sudah dijebol dan teralis jendela juga sudah dirusak 2 biji.

“Orang yang berdiri di luar jendela tersebut dikenali korban sebagai MAS alias GGN bin SKD, yang selanjutnya kejadian tersebut dilaporkan ke perangkat desa setempat dan dilanjut ke pihak kepolisian sektor Dander,” terang Kapolsek.

Setelah menerima laporan, anggota jajaran Polsek Dander segera melakukan penyelidikan, guna mengetahui keberadaan pelaku dan pada Selasa (27/6) dan sekira pukul 12.00 WIB, petugas polsek Dander mendapat informasi kalau pelaku sedang mengendarai sepeda motornya di sekitar lokasi wisata Khayangan Api, turut wilayah Kecamatan Ngasem.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Pemkab Bojonegoro Diminta Tak Cairkan Deviden PT. SER Sebelum Renegosiasi

“Akhirnya petugas polsek Dander segera melakukan pengejaran dan pelaku berhasil diamankan di jalan raya Dander-Ngasem, tepatnya timur kawasan hutan Grogolan Desa Ngunut Kecamatan Dander,” lanjut Kapolsek.

Saat diamankan dan dilakukan penggeledahan, ternyata pelaku juga kedapatan sedang membawa atau menyimpan senjata tajam berupa pisau sangkur warna silver.

“Saat ini pelaku berikut barang bukti berupa sebilah pisau sangkur, diamankan di Polsek Dander guna dilakukan proses hukum lebih lanjut,” imbuh Kapolsek.

Dari hasil penyidikan, pelaku mengaku telah melepas papan kayu yang dipalangkan di luar jendela kamar rumah korban Trisni, dan melepas tralis jendela sebanyak 2 biji. Kaarena diketahui oleh korban, pelaku melarikan diri.

Dari pemeriksaan diketahui bahwa pelaku juga mengaku bahwa pada Kamis (15/6) telah mencuri uang di dalam rumah keluarganya, Nurhidayati, yang juga warga Desa Ngunut Kecamatan Dander. Dengan cara mencongkel pintu jendela memakai obeng dan selanjutnya masuk rumah korban.

“Menurut pengakuan pelaku, saat itu pelaku hanya berhasil mengambil uang sebanyak Rp 500 ribu,” pungkas Kapolsek.

Baca Juga :  Wah..! Sebelas KUA di Bojonegoro Masin Dompleng di Tanah Masjid

Saat ini, pelaku berikut barang bukti telah diamankan di Mapolsek Dander, guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSi saat dihubungi awak media ini pada Selasa (27/06/2017) siang membenarkan, bahwa jajaran Polsek Dander telah mengamankan seorang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan.

“Oleh penyidik, pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis,” terang Kapolres.

Adapun pasal yang disangkakan terhadap pelaku adalah Pasal 53 KUHP jo Pasal 363 KUHP, untuk kasus percobaan pencurian di rumah korban Trisni dan Pasal 363 KUHP, tentang Pencurian dengan pemberatanuntuk kasus pencurian di rumah Nurhidayati, serta Pasal 2 ayat (1) Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951, tentang tanpa hak memiliki, menyimpan, menguasai, membawa, menyembunyikan senjata penikam atau penusuk. “Pelaku diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun,” pungkas Kapolres.

( Dan)

Berita Terkait

Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh
Mantan Camat Padangan Kembali Dihadirkan di Persidangan Dugaan Korupsi BKKD
Putusan Banding PT Tipikor Surabaya Bebaskan Shodikin Dari Dakwaan Primair JPU
Jual Proyek Fiktif Kades Kanten Dilaporkan Ke Polisi
Anwar Sholeh Serahkan Bukti Tambahan Kasus Dugaan Pemalsuan Data Otentik
Duit BOP TPQ Diduga Mengalir Ke Kantor Kemenag Untuk Ganti Cetak Piagam
Duit BOP TPQ Lari Kemana ? Ini Pengakuan Ketua FKTPQ
Pengadilan Negeri Bojonegoro Kampanyekan Zona Integritas WBK Dan WBBM

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00