oleh

Perumahan Dosen UGM Ini Menyimpan Kenangan Masa Kecil Obama di Jogyakarta

JOGYAKARTA. Netpitu.com – Barack Obama, Presiden ke 44 Amerika Serikat, ternyata memiliki kenangan masa kecil di Jogyakarta. Pria yang akrab dipanggil Barry ini, semasa masih tinggal di Jakarta ( 1967-1971) sering datang ke Jogya untuk menghabiskan masa libur sekolahnya.

Widodo, pengelola Museum UGM, mengatakan Obama kerap menginap di komplek Perumahan Dosen UGM di Jalan Bungur nomor D7, Caturtunggal, Sleman, DIY. Rumah tersebut dulunya adalah rumah dinas Prof. Iman Soetikno yang merupakan paman tiri Obama.

“Dulu Obama sering ke rumah Iman Soetikno karena nenek tirinya tinggal di sana. Ayah tiri Obama dan ibu kandungnya kerap berkunjung dan menginap di sana,” ujar Widodo, Selasa (26/7).

Semasa di blok D7, kata Widodo, Obama sangat disayang oleh nenek tirinya. Setiap menginap di Yogyakarta, Obama selalu dibelikan ingkung (ayam utuh) oleh nenek tirinya.

“Obama suka sekali dengan ingkung. Makanya nenek tiri Obama selalu membelikan ingkung saat Obama ke Yogyakarta,” ungkap Widodo. Selain itu, Obama juga senang memanjat pohon jambu.

“Di depan rumah D7 ada pohon Jambu. Dulu Obama sering memanjat pohon jambu itu,” terang Widodo.
Saat ini rumah D7 yang dulunya kerap diinapi oleh Obama dijadikan salah satu bagian Museum UGM. Bahkan kamar yang selalu digunakan Obama menginap diabadikan menjadi ruang khusus yang dinamai Ruang Barry.

Di Ruang Barry itu tersimpan sebuah tempat tidur yang digunakan Obama semasa kecil. Selain itu ada pula meja dan kursi kerja milik Iman Soetikno. Dulunya, kamar tempat menginap Obama adalah kamar kerja milik Iman Soetikno. Di ruang itu terdapat juga beberapa foto Obama kecil di sudut rumah D7.

Widodo memaparkan bahwa koper Obama pun masih tersimpan dengan rapi di Museum UGM. Setiap datang dan menginap di rumah Iman Soetikno, Obama punya kebiasaan menaruh koper di sebelah selatan kamar. Widodo menambahkan bahwa kamar tempat Obama kerap menginap di rumah Imam Soetikno saat ini dijadikan sebagai salah satu sudut Museum UGM. Kamar itu, lanjut Widodo dinamakan dengan ruang Barry.

“Ruang Barry berisi barang-barang yang digunakan Obama. Hingga saat ini masih kita pertahankan seperti bentuk aslinya,” pungkas Widodo.

Apakah dalam kunjungan wisatanya ke Jogyakarta kali ini mantan Presiden AS ini akan mengunjungi rumah yang pernah ditinggalinya selama liburan seolah di masa kecilnya dulu?. Kita tunggu, apa saja yang akan dilakukan Obama dalam mengisi kegiatan wisatanya ke Jogyakarta.