oleh

Tidak Ada Penyiraman Air, Tanaman di Sepanjang Jalan WR Supratman Sekarat

BOJONEGORO. Netpitu.com – Perawatan tanaman taman sarana jalan di di sepanjang Jalan WR. Supratman dikeluhkan warga. Lantaran selama musim kemarau ini tidak ada upaya penyiraman air pada tanaman di sepanjang jalan tersebut. Sehingga kondisinya kering, sekarat hampir mati.

Beruntung warga Kelurahan Karangpacar, yang tinggal di sepanjang Jalan WR. Supratman punya inisiatif melakukan gerakan perawatan tanaman dengan menyiram tanaman pohon yang ada di sepanjang jalan.

Diungkapkan oleh Joko, salah satu warga Keuragan Karangpacar, sudah satu minggu tanaman yang menghiasi trotoar ruas jakan WR. Supratman tidak disiram oleh petugas yang biasanya menggunakan mobil tanki air milik Dinas Kebersihan dan Petamanan ( DKP ).

Baca Juga :  Spanduk HJB Partai NasDem Jadi Sasaran Pencurian

Kuatir tanaman mati, beberapa warga, termasuk dirinya bergotong-royong menyirami bunga di trotoar karena banyak yang kering atau mati.

Kondidi ini tak sebanding dengan perlakuan perawaran tanaman di sepanjang jalan A. Yani, yang mendapat penyiraman air secara rutin tiap hari. Bahkan penyiraman tanaman dilakukan hingga Kapas.

Lucunya, menurut Joko, petugas DKP di ruas jalan Karangpacar, mengambil air dari sungai kecil yang ada di ruas jalan Krangpacar (dekat toko Giant) yang airnya juga sudah mengering.

Baca Juga :  Dekopinda Bojonegoro Fasilitasi Temu Usaha Dan Kerjasama Antar Koperasi

“Padahal mereka bisa mengambil air dari sungai Bengawan Solo,” ujar Joko, Selasa (28/8).

Sebagai warga, sebenarnya ia senang dengan usaha penanaman dan peremajaan tanaman sepanjang trotoar. Namun disayangkan jika setelahnya tidak ada perawatan atau kurang perwatan.

Warga Kelurahan Karangpacar itu berharap pihak Dinas terkait bisa segera mengambil tindakan atas kondisi tanaman di sepanjang ruas jalan WR. Supratman ini, demi Bojonegoro yang bersih, hijau, asri.

Ketika hal tersebut dikonfirmasikan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nurul Azizah, mengatakan bahwa sebagai tindak lanjut surat kepala Dinas Cipta karya, untuk pemeliharaan tanaman di atas trotoar sepanjang jalan dalam kota adalah kewenangan dari Dinas Cipta Karya.

Baca Juga :  Diperiksa Penyidik Polda Jatim Selama 4,5 Jam, Teyeng Dicecar 38 Pertanyaan

“Sehingga fokus pemeliharaan yang dilakukan DLH meliputi pohon dan tanaman bunga di kanan-kiri sepanjang ruas jalan nasional dan jalan provinsi,” kata Nurul Azizah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Selasa (28/8.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Cipta Karya Willy hanya mengucapkan terima kasih atas masukan dari warga masyarakat yang membangun untuk kepentingan kemajuan masyarakat Bojonegoro.

“Insya Allah akan kita tindaklanjuti sesuai kewenangan,” ujarnya melalui pesan whaatsaap.

(dan)