oleh

Pelatihan Management BUMDes Se Kab. Bojonegoro

BOJONEGORO. Netpitu.com – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) sangat potensial dalam menumbuh-kembangkan perekonomian masyarakat pedesaan serta memberikan konstribusi nyata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah Desa dan BUMDes mampu menggali sekaligus mengeksplorasi sumber daya lokal yang dimiliki Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendaparan Asli Desa.

Pada akhirnya BUM Desa mampu menjadi lembaga ekonomi Desa profesional yang mampu mendorong menuju Desa mandiri.

Baca Juga :  PU SDA Bojonegoro Optimis Pengerjaan Affuor Banjarejo Sesuai Target.

Demikian disampaikan Pj. Sekda Bojonegoro Yayan Rohman AP. MM pada saat membuka acara Pelatihan dan Pembinaan Pengelolaan Managemen Badan Usaha Milik Desa Se Kab. Bojonegoro, di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rabu, (28/11)

Lebih lanjut dikatakan Yayan Rohman, kegiatan pembinaan dan pelatihan pengelolaan administrasi keuangan BUMDes akan tercipta suasana kerja yang lebih nyaman serta produktif.

Baca Juga :  Kawal Suksesi Di DPC PPP Bojonegoro, Kyai dan Ulama Inginkan Pemimpin Yang Tangguh dan Mumpuni

“Ini akan mendorong terciptanya keuangan yang lebig tertata dan lebih baik bagi BUMDes,” kata Yahya Rohman.

Dalam pengembangan BUMDes, dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan tentang bagaimana pencatatan pembukuan serta keuangan BUMDes sehingga usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik dan optimal sekaligus terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat, upaya penanggulangan kemiskinan sekaligus peningkatan pendapatan asli daerah ( PADes ).

Baca Juga :  Perhutani Sosialisasikan Aturan Baru Agro Foresty Pada LMDH

Pelatihan dan Pembinaan Pengelolaan Managemen Badan Usaha Milik Desa Se Kab. Bojonegoro dilaksanakan selama dua hari, 28 s/d 29 Nopember 2018 terbagi dua angkatan yang diikuti kasi PMD Kecamatan se-Kab. Bojonegoro, Ketua dan Bendahara Bum Desa se-Kab. Bojonegoro.

Pelatihan ini brrtujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan Bumdes dimasing-masing Desa, sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan pereekonomian masyarakat Desa.

(dan)