Program Masyarakat Tangguh Banjir PMI Terus Berlanjut

- Team

Kamis, 28 Desember 2017 - 19:29

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO.Netpitu.com-Palang Merah Indonesia Bersama dengan Zurich Insurance Indonesia melaksanakan Lokakarya strategi keberlanjutan Dari program masyarakat Tangguh banjir (Community Flood Resilience) untuk wilayah Sungai Ciliwung,  Citarum Dan Bengawan Solo, Yang dilaksanakan  pada (27-30/12), Di Kota Lombok, Provinsi NTB.

Lokakarya ini adalah untuk melihat sejauh mana capaian program CFR yang Sudah dilaksanakan selama 3 tahun Di Wilayah Kota Jakarta Selatan, Kab. Bogor (Sungai Ciliwung) Kab. Karawang, Kab. Bandung (Sungai Citarum), Kota Solo, Kab. Wonogiri dan Kab. Bojonegoro (Sungai Bengawan Solo).

Pengurus Pusat Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB), H. Sumarsono Mengatakan, “program ini tidak hanya untuk menguatkan kapasitas masyarakat Dalam hal Kesiapsiagaan Bencana, tetapi Juga mitigasi Bencana sebagai upaya merespon Bencana, seperti Adanya aplikasi FEWEAS (Flood Early Warning and Early System) Di Sungai Bengawan Solo Dan Citarum dengan bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) Dan Perum Jasa Tirta, Serta pembangunan Gedung pengungsian Di Wilayah Kab. Bandung,” papar Sumarsono.

Lebih lanjut, Program ini telah berhasil menjangkau sekitar 120 Ribu penerima manfaat Di Wilayah Jakarta Selatan Dan Kab.Bogor, untuk Sungai Ciliwung. Sementara untuk wilayah Bengawan Solo tercatat sekitar 150 ribu penerima manfaat, sedangkan untuk wilayah Sungai Citarum tercatat sekitar 100 ribu penerima manfaat, baik yg didapat secara langsung melalui program seperti pipanisasi, penghijauan, maupun melalui program respon Bencana.

Baca Juga :  Usung Basuki Jadi Balon Bupati, Suyuti Mulai Lawan Yoto

Selain itu, Program ini tetap dipertahankan untuk menjaga Sukarelawan PMI Yang berada ditingkat Desa, menurut Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin Muh. Hadi menambahkan, PMI Di tiap Kab/Kota memiliki tim SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Di tingkat desa yang ditiap-tiap desa berjumlah 30 orang, mereka dilibatkan tidak hanya untuk sebatas program Yang PMI jalankan Di desa mereka, tetapi Kita (PMI) ingin, program ini merupakan awal, nantinya mereka bisa melakukan sesuatu Yang Lebih baik untuk desa mereka sendiri, seperti mengadvokasi Pemerintah Di tingkat desa untuk mengintegrasikan program Yang Sudah Ada dengan program Pemerintah Dalam Dana desa, Dari Kemendes.” Papar Arifin.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kab. Bojonegoro, Sukohawidodo sebagai salah satu peserta juga menjelaskan, selain Kita menguatkan kapasitas masyarakat, Kita juga mendorong mereka untuk mandiri Untuk melanjutkan program Yang Sudah Ada, Kami Di Bojonegoro Sudah mampu mengakses Dana desa untuk dimasukkan program PMI terkait CFR di dalamnya, Dan advokasi Kami berhasil,” Jelas Suko.

Baca Juga :  Heru Suroso Serahkan Berkas Pendaftaran di DPD Demokrat Jatim

Keberhasilan PMI Kab. Bojonegoro Dalam lokakarya ini merupakan salah satu Pembelajaran Yang bisa dicontoh PMI Kab/Kota lain untuk melanjutkan program, atau dengan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Arifin Muh. Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana, PMI Pusat, HP. 081297777755 atau Herry Firmansyah, Staf Divisi Penanggulangan Bencana, PMI Pusat, HP. 0822 1000 8019(Dan)

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja
Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro
Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum
Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro
PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi
Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan
IKA SMP Negeri 2 Bojonegoro Mulai Bangun Mushola di SMPN 2
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 12:32

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Senin, 10 Juni 2024 - 10:48

Masa Jabatan 408 Kades di Bojonegoro Diperpanjang 2 Tahun

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:43

Banyak Masalah, PDIP Minta Pemerintah Batalkan PP No. 21 Tahun 2024 Tentang Tapera

Senin, 22 April 2024 - 13:11

Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32

PENDIDIKAN

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Selasa, 11 Jun 2024 - 11:03