oleh

Laskar Jagad Desa Pelem Deklarasi Pelestarian Lingkungan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Karang taruna Laskar Jagat Desa Pelem gelar pelatihan pengelolaan sampah organik berbasis TPS Desa.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor desa pelem dengan di hadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Camat Purwosari dan Komunitas Bersih Hijau Lingkungan Sehat (BHlungset), Selasa (29/01/19).

Melihat sampah rumah tangga yang dihasilkan warga setempat, mendorong minat pemuda untuk mengajak masayarakat untuk mengelolah sampah menjadi pupuk kompos dan pastisida untuk kebutuhan petani Desa setempat.

Baca Juga :  Lakukan Eksekusi, Pengadilan Niaga Surabaya Catat Inventaris Harta Hotel GDK

Selain itu disela sela kegiatan juga dilakukan deklarasi Pelestarian Lingkungan Dan Peningkatan Ekonomi Masayrakat (Pelem) yang ditandatangani oleh Kepala Desa Pelem, perwakilan Camat Purwosari, ,Dinas Lingkungan Hidup (DLH), tokoh masyarakat dan perwakilan dari PT. Rekayasa Industri (Rekin).

Kepala DesacPekem, Sudawam A MD mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung terwujud kelompok masarakat yang memiliki kegiatan mengelola sampah menjadi pupuk organik.

Baca Juga :  Kemenag Bojonegoro Berbagi Untuk Anak Yatim Dan Dhuafa

Denhan demikian mampu menekan biaya produksi petani yang ada di Pelem dan mampu memberikan tambahan penghasilan bagi ibu-ibu Posyandu.

‘’ Saya secara pribadi sangat mendukung kegiatan tersebut, dan dengan adanya pelatiann ini semoga masayarakat mampu mendapat tambahan penghasilan khususnya ibuk ibuk di sekitar Desa Pelem,’’ ujarnya.

Bambang Soen selaku tokoh masyarakta Bojonegoro menjelaskan dengan andanya program ini diharapkan mampu bersinergi dengan program-program Pemerintah Kabupaten.

Baca Juga :  PT ADS Gulirkan Bantuan Dana Subsidi Pada Pengrajin Tahu dan Tempe Kelurahan Ledok Kulon

Tak berhenti disitu,sudawam A . MD juga menambahkan bahwasanya kegiatan ini kedepannya akan dilakukan pengawalan dalam membentuk lingkukngan desa yang bersih dan hijau.

“Kedepannya saya pribadi yang akan mengawal untuk membentuk lingkungan desa bersih dan hijau dan Dasa Pelem adalah satu satunya Desa Di Bojonegoro yang pertama kali akan mengkapayekan desa bersih dan hijau,” terangnya.

(*/bs)